Sebanyak 93 nakes Bandarlampung disiagakan pada mudik Lebaran

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Baadarlampung,Dinkes Bandarlapung,Nakes

Sebanyak 93 nakes Bandarlampung disiagakan pada mudik Lebaran

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Desti Mega Putri. ANTARA/Dian Hadiyatna

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandarlampung menyiagakan 93 tenaga kesehatan (nakes) yang tersebar di delapan posko guna melayani pemudik pada momen arus mudik Lebaran 2024.

"Nakes kami kerahkan 93 orang dari 31 puskesmas pada musim mudik ini, dan mereka tersebar di posko-posko mudik yang sudah disiapkan bersama instansi lainnya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Desti Mega Putri di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa nantinya di setiap posko mudik Dinkes akan menyiagakan satu orang dokter, satu perawat dan sopir ambulans yang akan melayani pemudik yang kurang sehat ataupun kelelahan saat perjalanan.

"Nanti di posko itu juga kami sediakan obat-obatan dan P3K bagi mereka (pemudik) yang membutuhkan," kaya dia.

Ia pun mengatakan bahwa nakes yang bersiaga di posko-posko mudik juga akan dibagi menjadi dua sif yakni pagi dari pukul 08.00-15.00 WIB dan sore pukul 15.00-22.00 WIB.

"Kami harap mudik tahun ini lancar dan tidak ada insiden apa pun. Bila pun pemudik lelah dalam perjalanan bisa beristirahat di posko yang sudah disediakan sambil mengecek kesehatan hingga kondisinya pulih," kata dia.

Desti pun mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalan mudik ke kampung halaman agar terlebih dahulu memeriksakan kesehatannya untuk memastikan kondisi tubuh fit saat perjalanan.

"Kemudian berolahraga teratur untuk meningkatkan stamina, konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup sebelum mudik, siapkan makanan dan minuman sehat, mengingat kemungkinan menghadapi kemacetan jalan serta menyiapkan obat-obatan pribadi, seperti obat alergi, obat sakit kepala, demam, dan obat maag, mual ataupun muntah," kata dia.