DMC Dompet Dhuafa buka layanan cuci baju gratis bagi penyintas dan relawan awan panas guguran Semeru

id Dompet Dhuafa,DD SEMERU

DMC Dompet Dhuafa buka layanan cuci baju gratis bagi penyintas dan relawan awan panas guguran Semeru

DMC Dompet Dhuafa buka layanan cuci baju gratis bagi penyintas dan relawan awan panas guguran Semeru. ANTARA/Dompet Dhuafa

Kebutuhan sandang juga menjadi perhatian dalam penanganan respons kebencanaan.
Lumajang (ANTARA) - Dompet Dhuafa (DD) Jawa Timur dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa membuka layanan cuci baju gratis di pengungsian Pesantren Ulul Albab, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur,  Minggu (12/12).

Adapun layanan yang diberi nama Pojok Laundry diperuntukkan bagi penerima manfaat yang terdampak atau penyintas awan panas guguran Gunung Semeru. Namun hal ini juga diperuntukkan bagi relawan-relawan kemanusiaan yang hingga kini masih siaga di tempat pengungsian membantu percepatan penanganan kebencanaan. 

"Kebutuhan sandang juga menjadi perhatian dalam penanganan respons kebencanaan. Terutama bagi penyintas awan panas guguran Semeru. Harapannya melalui aksi Pojok Laundry ini higienitas penyintas maupun relawan kemanusiaan tetap terjaga, bersih dan sehat," kata Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa. 

Mochammad Edi Lukman, salah satu relawan asal Probolinggo mengatakan layanan ini sangat membantu ringankan beban relawan saat membutuhkan pakaian higienis, di tengah mobilitas aksi yang intensif. 

Selain Pojok Laundry, DMC Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Jawa Timur telah memberikan layanan untuk penanganan warga terdampak awan panas guguran Semeru berupa SAR-Evakuasi, Pos Hangat, Dapur Umum dan Dapur Keliling, Psychological First Aid (PFA), dan layanan kesehatan keliling dengan total keseluruhan penerima manfaat mencapai 6.221.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Baca juga: DD Tekno bersama LinkAja Syariah salurkan donasi kemanusiaan ke masyarakat terdampak Erupsi Semeru
Baca juga: Dompet Dhuafa siapkan layanan kesehatan respons erupsi Gunung Semeru
Baca juga: Dompet Dhuafa kerahkan tim dari empat kota untuk respons cepat erupsi Gunung Semeru