Dompet Dhuafa kerahkan tim dari empat kota untuk respons cepat erupsi Gunung Semeru

id Gunung Semeru, Erupsi Gunung Semeru,dd

Dompet Dhuafa kerahkan tim dari empat kota untuk respons cepat erupsi Gunung Semeru

Dompet Dhuafa kerahkan tim dari empat kota untuk respons cepat erupsi Gunung Semeru. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa melalui DMC, mengambil langkah taktis untuk memberangkatkan tim respons cepat ke lokasi kejadian.
Banten (ANTARA) - Warga di kawasan lereng Gunung Semeru di Jawa Timur, Sabtu (4/12) siang, sekejap berhamburan.

Kabar akan erupsi besar gunung tersebut silih berganti masuk di grup aplikasi pesan singkat koordinasi relawan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

Tak lama, beragam dokumentasi baik foto maupun video masuk melengkapi kabar tersebut.

Salah satu kiriman video seorang warga, mengabarkan kondisi kawasan kaki Gunung Semeru pada pukul 4 sore sudah gelap gulita seperti sudah malam. 

Banyak masyarakat yang terjebak dalam perjalanan maupun basah kuyup akibat terpaan hujan abu vulkanik.

Melihat dampak erupsi yang besar, Dompet Dhuafa melalui DMC, mengambil langkah taktis untuk memberangkatkan tim respons cepat ke lokasi kejadian.

Kali ini, tim respons dari Jakarta, Surabaya, dan Malang langsung bergerak menuju kawasan kaki Gunung Semeru, untuk melakukan respons cepat, evakuasi warga dan kebutuhan mendesak di lokasi.

"Malam ini kami berangkatkan tim respons dan kebutuhan logistik darurat. Evakuasi, layanan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan dasar menjadi target utama. Untuk mempercepat respons, kami maksimalkan tim respons dari Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur," kata Shofa Al Quds selaku GM Respon DMC Dompet Dhuafa saat ditemui di kantor DMC di Ciputat, Tangerang Selatan, Sabtu (4/12) malam.

Tim respons dari Jakarta akan membawa logistik dan obat-obatan. 

Untuk respons cepat dan evakuasi saat ini kami maksimalkan tim dari Surabaya dan Malang, serta pergerakan tim medis dari Madiun.

"Mari, kita doakan saudara kita di kawasan kaki Gunung Semeru senantiasa dalam lindungan Allah SWT," katanya pula.

Untuk dukungan donasi terbaik Anda dalam mendukung respons erupsi Gunung Semeru dapat disalurkan melalui rekening BSI (BNIs) 340.350.666.5, BCA 237.304.7171, Mandiri 101.000.647.5733 A.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Atau melalui https://donasi.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga/.


TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Baca juga: DD Tekno-DMC Dompet Dhuafa salurkan bantuan bagi penyintas bencana di seluruh Indonesia
Baca juga: Sambut Milad ke-20, LKC-DD gelar donor darah 20 titik di Indonesia