BPBD Babel pastikan sejumlah tempat tergenang banjir akibat hujan lebat

id Babel

BPBD Babel pastikan sejumlah tempat tergenang banjir akibat hujan lebat

Titik banjir di jalan Sudirman Sungailiat, Bangka (babel.antaranews.com)

Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan sejumlah tempat di daerah itu tergenang banjir akibat intensitas curah hujan cukup lebat.

Kepala BPBD Kabupaten Bangka Nursi di Sungailiat, Senin, mengatakan sejumlah tempat yang tergenang air di kawasan jalan Sudirman, perkantoran daerah, kawasan pemukiman kampung Jawa dan pasar Inpres Sungailiat.

"Dari data di lapangan, diketahui ketinggian air yang merendam di kawasan tersebut cukup bervariasi atau rata- rata tindak sampai satu meter," ujarnya.

Genangan air yang mengakibatkan banjir karena adanya penyumbatan sampah di saluran utama dan pihaknya sudah menerjunkan personel di lapangan untuk melakukan pengawasan dan membantu warga korban banjir.

"Banjir yang hampir terjadi setiap tahun itu biasanya akan segera surut setelah dilakukan pembersihan sampah di saluran air," ucapnya.

Dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat terutama di kawasan rawan banjir agar benar-benar memperhatikan di saluran air dengan membersihkan tumpukan sampah secara rutin.

Sementara, menurut salah satu warga korban banjir kampung Jawa Sungailiat, Jumi Parianty (46) mengatakan setiap tahun atau pada saat musim penghujan dan warga sudah siaga untuk mengantisipasi jika terjadi banjir lebih besar.

"Kondisi air yang diakibatkan luapan saluran air mengenangi halaman rumah warga," ucapnya.*

Uploader : Angga Pramana