Pemprov Lampung dan Bulog salurkan program bantuan beras PPKM

id pemrov lampung, bulog lampung, bantuan beras, ppkm darurat

Pemprov Lampung dan Bulog salurkan program bantuan beras PPKM

Pemprov Lampung-Bulog salurkan program bantuan beras PPKM (ANTARA/HO)

Semoga bantuan beras ini dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak PPKM, baik darurat, diperketat, maupun mikro, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung dan Perum Bulog Divisi Regional Lampung menyalurkan program bantuan beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH), terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Peluncuran bantuan beras ini diselenggarakan terkait pemberlakuan PPKM Darurat, PPKM Diperketat dan PPKM Mikro yang berdampak terhadap masyarakat yang rentan," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi, di Gudang Bulog Campang Raya, Bandarlampung, Minggu.

Karenanya, lanjut dia, Gubernur Lampung mendorong Pemkot Metro dan Pemkot Bandarlampung yang menerapkan PPKM Darurat untuk secepatnya mendistribusikan bantuan sosial dan jaring pengaman sosial.

Baca juga: MUI Lampung: Warga di zona merah sebaiknya sholat Idul Adha di rumah

Selain itu, Gubernur Lampung juga meminta pemerintah kabupaten se-Provinsi Lampung untuk melakukan percepatan realisasi pendistribusian bansos COVID-19 bagi KPM yang sumber dananya berasal dari dana APBD masing-masing.

Beberapa skema bantuan yang diluncurkan pemerintah pusat bagi Keluarga Penerima Manfaat BST dan PKH di antaranya adalah rapel Program BST sebesar 300.000 per bulan, bantuan sembako sebesar Rp200.000 per bulan, dan bantuan beras PPKM 10 kg per KPM.

Berdasarkan data yang diperoleh, penerima manfaat untuk wilayah Lampung sejumlah 676.788 KPM terdiri atas 450.315 KPM PKH dan 226.473 KPM BST.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, itu juga mengharapkan agar paket-paket bantuan dari pusat ini juga dapat dikolaborasikan dengan paket bansos yang dianggarkan oleh pemerintah kabupaten/kota dan provinsi.

Baca juga: PT HK dan kepolisian lakukan penyekatan di beberapa ruas JTTS

Aswarodi juga berharap, dengan diluncurkannya bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak PPKM.

"Semoga bantuan beras ini dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak PPKM, baik darurat, diperketat, maupun mikro. Kita semua berharap semoga pandemi COVID-19 ini segera berlalu dari Bumi Lampung," tambah Aswarodi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Perum Bulog Divisi Regional Lampung, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, dan Perwakilan Dinas Sosial Kota Bandarlampung.