Dandim : TMMD dapat tumbuhkan nilai-nilai Pancasila di masyarakat

id TNI,TMMD,Dandim,Kodim

Dandim : TMMD dapat tumbuhkan nilai-nilai Pancasila di masyarakat

Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes bersama Kepala Biro LKBN ANTARA Biro Lampung Hisar Sitanggang. Kamis. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes, mengatakan bahwa program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) tahun 2020 terutama sasaran non-fisiknya diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai yang tertanam di dalam Pancasila.

"Di dalam TMMD ini kami memiliki dua sasaran yakni fisik dan non fisik. Sasaran non fisik ini yang penting agar nilai-nilai saling menghargai kebersamaan, gotong royong dan cinta pada negaranya timbul di masyarakat," kata dia, saat mengunjungi Kantor Perum LKBN ANTARA Biro Lampung, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa pada kegiatan non-fisik tersebut pihaknya memberikan penyeluhan-penyuluhan kepada masyarakat bersama pemangku kepentingan terkait seperti Pemerintah Kota Bandarlampung dan Kepolisian.

"Dari kerjasama dengan kepolisian kita memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba dan Kamtibmas, kemudian dengan Pemkot Bandarlampung kita memberikan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian dan tentang COVID-19 melalui Dinas Kesehatan," jelasnya.

Sedangkan, lanjut dia, untuk sasaran fisik pada TMMD ke-109 di Kelurahan Garuntang, Kecamatan Bumi Waras, Kodim melakukan pembangunan jembatan sepanjang 25 meter dengan lebar 2,5 meter, pembangunan akses jalan dari ujung jembatan ke kampung.

Kemudian, membedah sepuluh unit warga sekitar, mushola dua unit, sumur bor dua unit poskamling tiga unit serta MCK dua pintu di lima bitik di lima lokasi.

Disamping itu juga, kata dia, guna menimbulkan semangat baru untuk masyarakat di tengah pandemi, pihaknya melakukan beberapa kegiatan pertandingan olahraga maupun rumah sehat dan menghias tumpeng.

"Kegiatan-kegiatan ini kami adakan karena itu adalah aspirasi dari masyarakat sekitar yang kami serap tapi sekali lagi yang kami ke depankan pada setiap pertandingan atau kegiatan adalah semuanya wajib memakai standar protokol kesehatan," kata dia.

Dia mengatakan bahwa TMMD ke-109 yang bekerjasama dengan Pemkot Bandarlampung ini juga guna membantu masyarakat dengan sasaran apa yang yang menjadi kebutuhan mereka.

"Pada Kegiatan ini kita menyerap aspirasi dari masyarakat dan diharapkan manfaatnya dirasakan mereka," kata dia.