Pangdam II/Sriwijaya: TNI siap bantu penyediaan air bersih bagi masyarakat

id TNI manunggal air, TMMD Lampung, penyediaan air bersih, TNI, Pangdam Sriwijaya

Pangdam II/Sriwijaya: TNI siap bantu penyediaan air bersih bagi masyarakat

Panglima Kodam (Pangdam) II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil saat memberi penjelasan terkait peran TNI membantu masyarakat melalui program TMMD. Lampung Tengah, Rabu (20/3/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Lampung Tengah (ANTARA) - Panglima Kodam (Pangdam) II/ Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap membantu penyediaan air bagi masyarakat.
 
"Pada intinya Tentara Nasional Indonesia siap membantu apa saja untuk masyarakat, salah satunya dengan menyediakan air melalui program Manunggal Air," ujar Panglima Kodam (Pangdam) II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil di Lampung Tengah, Rabu.
 
Ia mengatakan kehadiran TNI dalam membantu penyediaan air bersih bagi masyarakat tersebut dilakukan dengan mengakomodir kebutuhan di tengah masyarakat.
 
"TNI melaksanakan kegiatan berdasarkan kebutuhan masyarakat, jadi kami hadir mengatasi kesulitan masyarakat dan siap membantu apa saja selain manunggal air salah satunya yang dilakukan di Kampung Gununghaji, Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah dengan memberikan bantuan sumur bor bagi masyarakat yang membutuhkan air bersih," ucap dia.
 
Selain itu ada juga pelaksanaan program ketahanan pangan desa, dapur masuk sekolah dan berbagai program yang langsung menjangkau masyarakat.
 
"Semua program membantu masyarakat ini sebenarnya tidak ada anggarannya, seperti program Manunggal Air yang dibangun di Sumatera Selatan, dan Lampung yang merupakan daerah pertanian adalah inisiatif dari TNI. Dan anggarannya berasal dari kerja sama dengan berbagai instansi melalui program tanggung jawab sosial perusahaan," tambahnya.
 
Dia melanjutkan selain itu pihaknya bersama Polri juga akan terus bekerjasama untuk membantu pemerintah daerah, salah satunya untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.
 
"Kami TNI dan Polri wajib membantu pemerintah daerah sesuai perintah Presiden, salah satunya untuk penanganan kebakaran hutan serta lahan selain menyediakan air serta menjaga ketahanan pangan," ujar dia lagi.
 
Menurut dia, salah satu upaya membantu masyarakat sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan tersebut dapat dilakukan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).
 
"Tentunya TMMD ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan kegiatan ini dilakukan secara berjenjang dari usulan kepala desa ke camat kemudian kepada komandan rayon militer untuk direalisasikan. Ini bertujuan untuk mempermudah perekonomian desa serta membantu masyarakat," kata dia.