XL pastikan jaringan aman dan siap salurkan bantuan korban banjir Luwu Utara

id banjir Luwu Timur

XL pastikan jaringan aman dan siap salurkan bantuan korban banjir Luwu Utara

Tangkapan layar suasana setelah banjir bandang yang membawa material lumpur di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. FOTO/HO/istimewa

Makassar (ANTARA) - Salah satu perusahaan jasa telekomunikasi, PT XL Axiata, memastikan jaringannya di lokasi banjir bandang Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan aman sehingga siap mendistribusikan bantuan untuk para korban bencana alam itu.

Group Head XL Axiata Region East, Bambang Parikesit, di Makassar, Selasa, mengatakan di beberapa titik banjir telah menyebabkan base transceiver station (BTS) XL mengalami gangguan dan bahkan tidak bisa beroperasi karena adanya pemadaman listrik.

"Ada beberapa titik BTS kami memang tidak beroperasi karena adanya pemadaman aliran listrik. Hal itu bisa dimaklumi karena sangat berisiko jika listrik tetap dialirkan di lokasi banjir," ujarnya.

Dia mengatakan pemadaman listrik itu telah diantisipasi dan dengan cepat tim teknisi yang langsung menyalakan generator set (genset) untuk beberapa titik BTS yang memang masih memungkinkan dijangkau dan perangkat tidak terendam air.

Di lokasi yang tidak bisa dijangkau karena banjir bandang, pihaknya masih menunggu perkembangan kondisi lebih lanjut.

Bambang menyebut ada sekitar 28 BTS XL Axiata yang terdapat di Kabupaten Luwu Utara, termasuk di sekitar lokasi bencana.

Untuk memastikan keamanan jaringan, saat ini tim teknis XL Axiata juga telah berada di lapangan guna mengecek semua infrastruktur jaringan yang ada.

Selain itu, tim dari pusat monitoring telah melakukan rekayasa jaringan agar layanan untuk pelanggan tetap bisa terjaga.

Apalagi, saat bencana seperti ini, layanan telekomunikasi dan data dibutuhkan, baik oleh korban maupun aparat penanggulangan bencana.

Dia mengatakan tim XL Axiata akan terus bersiaga mengantisipasi perkembangan situasi. Sejumlah persiapan juga dilakukan untuk menghadapi kondisi yang akan datang.

XL Axiata juga mendukung upaya pemulihan kondisi pascabanjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk keperluan itu, XL Axiata menyalurkan bantuan yang bersifat darurat untuk warga yang terdampak bencana.

Bantuan yang akan disalurkan, antara lain bahan makanan, obat-obatan, dan selimut. Lokasi penyaluran di beberapa lokasi pengungsian yang terdampak paling serius.

"Untuk penyaluran bantuan ini, XL Axiata bekerja sama dengan aparat setempat untuk memastikan sampai ke warga yang membutuhkan bantuan," ucapnya.