Gojek bantu 100 ribu UMKM di masa pandemi COVID-19

id Gojek,umkm,daya tahan

Gojek bantu 100 ribu UMKM di masa pandemi COVID-19

Ilustrasi: Tas GoGreener yang dikenakan mitra driver (Foto: Gojek)

Jakarta (ANTARA) - Layanan transportasi daring Gojek memberikan solusi layanan fitur kepada lebih dari 100.000 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memperkuat daya tahan kegiatan usaha mereka selama masa pandemi COVID-19.

"Gojek menyediakan solusi dan perangkat lengkap agar UMKM mudah bermigrasi hingga mengembangkan bisnisnya secara online," kata Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan solusi itu menguntungkan karena konsumen lebih memilih berbelanja daring sebagai salah satu kebiasaan baru dalam beradaptasi dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Menurut dia, UMKM harus memiliki kemampuan untuk melakukan transformasi digitalisasi dan masuk ke bisnis daring karena restoran, kafe, hingga toko kelontong, tidak bisa hanya bergantung pada pelanggan yang datang.

Upaya pengembangan bisnis UMKM secara daring itu sesuai dengan kebutuhan UMKM karena mencakup aspek pemasaran, pengambilan pesanan, pembayaran, pengiriman, hingga manajemen bisnis.

"Gojek telah menempati posisi terdepan sebagai platform multi-layanan yang terus diandalkan oleh pengguna dan mitra kami," ujarnya.

Andre mengharapkan upaya mendorong UMKM masuk ke bisnis daring tersebut dapat mendukung pemerintah menjaga stabilitas ekonomi di masa pandemi.

Layanan on-demand tersebut antara lain GoFood, GoPay ataupun GoSend untuk menjangkau jutaan pelanggan kepada pelaku UMKM.

Selain itu berbagai inovasi guna mendorong bisnis, misalnya, GoBiz yang merupakan aplikasi multifungsi dan mudah digunakan untuk membantu UMKM dalam mengelola dan mengembangkan bisnis daring.

Inovasi lainnya ialah Selly yakni aplikasi yang memungkinkan UMKM lebih optimal meningkatkan penjualan dengan menyasar pelanggan potensial melalui media sosial dan layanan on-demand Gojek. Termasuk juga, adanya Layanan Point of Sales (PoS) yang dapat mendukung UMKM dalam mengelola transaksi dan pembukuan secara sistematis.

Salah satu pelaku UMKM, Said Adhani Prima, pemilik Ganci Unyu Muslimah di Yogyakarta, telah merasakan manfaat dari solusi terintegrasi Gojek karena mampu menghubungkan dengan pelanggan dalam masa pandemi.

Ia mengatakan layanan itu membantu bisnis secara cepat serta mempermudah konsumen menjalankan proses pemesanan dengan aplikasi Selly, bertransaksi dengan GoPay serta melakukan pengiriman dengan GoSend.

"Pendapatan saya meningkat. Sebelumnya saya tidak pernah mengira kalau menjual secara online itu mudah," ujarnya.