Manggarai Barat NTT tutup semua destinasi wisata

id manggarai barat, destinasi, labuan bajo, ntt,kupang,pariwisata labuan bajo,penanganan corona,virus corona,corona,covid-1

Manggarai Barat NTT tutup semua destinasi wisata

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Rinus. (ANTARA/HO-Istimewa)

Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) memutuskan untuk menutup semua destinasi wisata di wilayah paling barat Pulau Flores itu, selama 14 hari mulai 23 Maret hingga 6 April 2020.

"Keputusan tersebut sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) di daerah itu," kata Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Barat, Agustinus Rinus yang dihubungi, Kamis, berkaitan dengan perkembangan sektor pariwisata daerah itu setelah merebaknya COVID-19.

"Sektor pariwisata tentu cukup terganggu, karena sudah pasti terjadi penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah itu, tetapi sementara ini, semua destinasi telah ditutup untuk 14 hari ke depan," katanya.

Di Manggarai Barat, pulau Flores terdapat 84 destinasi wisata termasuk Taman Nasional Komodo (TNK). Selain 58 site diving dan sembilan site skorkeling, yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk mengunjungi wilayah itu.

Mengenai kerugian, dia mengatakan, belum dapat menghitung besaran kerugian secara ekonomi bagi daerah, dari kebijakan penutupan destinasi ini.

"Kami belum menghitung kerugian akibat dari kebijakan penutupan destinasi ini, tetapi hal yang paling utama adalah memberikan perlindungan bagi masyarakat di daerah itu," katanya.