RSUP Persahabatan tangani khusus 2 pasien positif COVID-19

id Virus Corona, Covid-19, RSUP Persahabatan, Jakarta Timur

RSUP Persahabatan tangani khusus 2 pasien positif COVID-19

Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah (pertama dari kiri) saat berdialog dengan rekan dokter di RSUP Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (9/3/2020). RSUP Persahabatan saat ini menangani dua pasien positif Covid-19. (ANTARA/Andi Firdaus).

Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta Timur memberikan penanganan khusus kepada dua pasien yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah mengemukakan satu pasien rujukan dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Suroso merupakan anak buah kapal Diamond Princess.

Sementara satu pasien lainnya dirujuk dari salah satu rumah sakit swasta di Jakarta.

Baca juga: Pringsewu canangkan gerakan gunakan tas belanja guna ulang

Kedua pasien kini dirawat intensif di ruang isolasi Pinere RSUP Persahabatan sejak tiba secara bersamaan pada hari yang sama, Selasa (3/3).

"Sekarang kan diperiksa masih positif," kata Rita di Jakarta, Senin.

Pasien tersebut dirawat di ruang isolasi Pinere bersama 13 pasien dalam pengawasan (PDP) dengan kamar yang dipisah.

Baca juga: Arab Saudi hentikan perjalanan sembilan negara

Kedua pasien tersebut sedang ditangani secara khusus oleh tim medis berupa pengambilan sampel cairan  tenggorokan secara berulang-ulang.

"Mereka tetap kita rawat sampai hasilnya negatif dan bisa dipindahkan dari ruang isolasi ke ruang perawatan umum," ujarnya.

Tim medis RSUP Persahabatan bertindak sesuai prosedur pengambilan sampel penyakit untuk dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan.

"Kalau sampel yang pertama misalnya negatif, kami ulang lagi kedua kalinya sampai benar-benar negatif. Kalau dua kali diperiksa negatif, baru kami keluarkan dari ruang isolasi," katanya.

Baca juga: 40 kasus tambahan virus corona di China
Baca juga: Sikapi COVID-19, Tanah Lot Tabanan adakan Festival Art and Food
Baca juga: Camus, corona, serta sepak bola kita