Fasilitas kawasan wisata hiu paus di Bone Bolango rusak diterjang ombak

id dampak gelombang tinggi,wisata hiu paus,wisata bone bolango,wisata gorontalo

Fasilitas kawasan wisata hiu paus di Bone Bolango rusak diterjang ombak

Terjangan gelombang menyebabkan kerusakan fasilitas di daerah wisata hiu paus di Desa Botubarani, Gorontalo. (HO Wahab Matoka)

Sebagian fasilitas di daerah wisata hiu paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo rusak diterjang ombak pada Minggu (12/2).
Gorontalo (ANTARA) - Sebagian fasilitas di daerah wisata hiu paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo rusak diterjang ombak pada Minggu (12/2).

Terjangan gelombang mengakibatkan kerusakan fondasi dan lantai pada toilet, area kuliner, penginapan di Pangkalan 2 dan Pangkalan 3, serta rumah warga di daerah wisata hiu paus itu.

"Gelombang pasang dan tinggi itu sekitar pukul 14.00 kemarin dan sampai sekarang juga masih terjadi. Kebanyakan fasilitas itu rusak tadi malam," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Wahab Matoka, Senin.
Baca juga: BI Gorontalo gandeng Coolturnesia edukasi dan promosi wisata era digital di Olele

"Tempat ini kami tutup untuk sementara waktu, sampai kondisi kembali aman untuk wisatawan," ia menambahkan.

Ia berharap pemerintah segera turun tangan untuk membantu menangani dampak terjangan gelombang tinggi di daerah wisata Desa Bitubarani.

Hingga Senin pukul 09.00, gelombang tinggi masih terjadi di perairan Teluk Tomini, termasuk di Botubarani.
Baca juga: Gorontalo Utara akan fokus kembangkan sektor pariwisata

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebelumnya sudah menyampaikan peringatan kepada warga dan nelayan mengenai potensi datangnya gelombang dengan tinggi 2,5 hingga empat meter di Perairan Laut Sulawesi bagian Timur, Laut Maluku, dan Perairan Utara Sulawesi.
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar