Masyarakat Lampung antusiasme tonton parade Budaya Lampung

id Lampung Krakatau Festival,Parade budaya,Lampung,Lampung.Antaranews.com

Masyarakat Lampung antusiasme tonton parade Budaya Lampung

Sejumlah perwakilan kabupaten di Lampung, tengah menampilkan pakaian adat khas kabupaten dalam acara parade budaya Lampung di Bandarlampung, Minggu (25/08/2019). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Masyarakat antusias menonton parade budaya dan tapis Lampung yang diadakan oleh pemerintah Provinsi Lampung dalam gelaran Festival Krakatau 2019 yang diadakan setiap satu tahun sekali.

"Hari ini parade budaya Lampung sepertinya akan melewati rute Lapangan Saburai menuju Tugu adipura, jalan R.A Kartini dan kembali lagi ke Lapangan Saburai, saya tidak sabar ingin menonton rombongan parade yang akan melintas", ujar Santi salah seorang warga Bandarlampung, Minggu.

Menurutnya, acara tahunan ini merupakan salah satu gelaran yang paling ditunggu, karena kostum yang dipamerkan beraneka ragam dan unik.

"Baju dari setiap Kabupaten di Lampung beraneka ragam dan unik, saya sangat tertarik melihat para peserta parade budaya, terlebih lagi ada bunyi musik gamelan yang mengiringi membuat semakin ramai," katanya.

Parade budaya Lampung dimeriahkan oleh perwakilan kabupaten di Provinsi Lampung yang lengkap menggunakan pakaian adat, menjadi daya tarik bagi warga masyarakat Lampung untuk datang meramaikan parade dengan memenuhi jalan protokol di Kota Bandarlampung.

"Saya bersama keluarga sengaja datang ke Lapangan Saburai untuk menonton parade budaya yang hanya dapat di tonton setiap satu tahun sekali," ujar Ana.

Menurutnya, dengan di laksanakannya kegiatan parade budaya selain dapat menjadi sarana promosi wisata juga menjadi sarana edukasi untuk masyarakat mengenai adat dan budaya yang tersebar di seluruh Provinsi Lampung.

"Selain membuat kita bahagia, dan sebagai sarana promosi Pemerintah Provinsi untuk menarik wisatawan kegiatan ini juga bisa menjadi sarana edukasi untuk masyarakat tentang kostum adat dan musik asli Lampung," katanya.

Antusias masyarakat meramaikan parade budaya menjadi salah satu fenomena yang hanya dapat dilihat setiap satu tahun sekali di Bandarlampung.