Hujan disertai kilat berpotensi terjadi di Lampung

id hujan dan petir

Hujan disertai kilat berpotensi terjadi di Lampung

Petir menyambar di kawasan kampung nelayan Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (22/2). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan puncak musim hujan berlangsung hingga bulan Maret dan menghimbau masyarakat akan terjadinya hujan lebat yang dapat mengakibatkan bencana banjir dan longsor. ANTARA JABAR/Dedhez Anggara/agr/18.

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kondisi prakiraan cuaca buruk potensi hujan disertai kilat dan angin kencang pada sejumlah wilayah di Provinsi Lampung Senin hingga Selasa (17-18/6) pagi.

Menurut BMKG, dalam rilis disampaikan Tim Prakirawan Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Senin pagi. kewaspadaan potensi hujan disertai kilat/petir dan dapat disertai angin kencang diperkirakan di Kabupaten Pesisir Barat, Pringsewu, Pesawaran, Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Tengah, Tanggamus, Lampung Timur, Lampung Barat, dan Pesisir Barat pada pagi hari, serta di Kabupaten Lampung Barat dan Lampung Selatan pada siang hari.

BMKG menyatakan, apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan kembali melalui media sosial Facebook (akun: Infocuaca BMKG Lampung atau FP: Stasiun Meteorologi Radin Inten II Bandarlampung) serta IG: @infocuacalampung atau bisa diakses langsung via website http://www.bmkg.go.id .

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 17 Juni pukul 07.00 WIB sampai dengan 18 Juni 2019 pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah tenggara-barat daya dengan kecepatan antara 3-15 knots (5-28 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 4-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 24-32 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 18-29 derajat Celsius.

Kelembapan udara secara umum berkisar antara 54-96 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 65-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung pagi hari diprakirakan hujan di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Lampung Tengah, Mesuji, Lampung Timur, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Pesawaran.

Siang dan sore hari diprakirakan berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Tulangbawang, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Tulangbawang Barat.

Malam hari diprakirakan hujan di wilayah Kabupaten Lampung Timur, Lampung Selatan, Pesawaran, Pesisir Barat, Tanggamus, Way Kanan, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji,.

Dini hari diprakirakan berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Timur.