Masyarakat diimbau matikan aliran listrik rumah sebelum mudik

id Kebakaran, antisipasi kebakaran, mudik, karawang,ramadhan 1440 H,sambut ramadhan,tradisi ramadhan,bulan puasa,puasa rama

Masyarakat diimbau matikan aliran listrik rumah sebelum mudik

Ilustrasi - Kebakaran. (ANTARA/Ali Khumaini/Dok)

Karawang (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengingatkan masyarakat yang akan mudik untuk mematikan aliran listrik di rumah masing-masing terlebih dahulu guna mencegah kebakaran.

"Itu menjadi upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran rumah akibat korsleting listrik," kata Pelaksana Tugas Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang Gunawan di Karawang, Senin.

Ia mengharapkan masyarakat mengecek terlebih dahulu peralatan rumah tangga yang menggunakan aliran listrik, sebelum meninggalkan tempat tinggalnya itu, guna mencegag terjadinya kebakaran.

"Kalau perlu matikan seluruh 'power' listriknya, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran," kata dia.

Ia juga mengingatkan masyarakat yang akan mudik untuk melepas selang regulator kompor gasnya.

Sebab, kata dia, jika dibiarkan terpasang, dikhawatirkan akan memicu terjadinya kebakaran.

Menurut Gunawan, antisipasi dini kebakaran tersebut itu sebagai hal penting, sebab banyak kebakaran yang terjadi selama ini akibat masalah korsleting listrik dan kebocoran gas.

Pihaknya juga menyarankan kepada warga setempat yang akan pulang ke kampung untuk berlebaran agar menitipkan rumahnya ke tetangga terdekat dan menyimpan nomor telepon seluler tetangganya itu yang bisa dihubungi.