Antisipasi kemacetan, Satlantas Polres Metro lakukan rekayasa lalu lintas

id Takbiran,Lebaran2024

Antisipasi kemacetan, Satlantas Polres Metro lakukan rekayasa lalu lintas

Kasat Lantas Polres Metro, IPTU Sulkhan saat memantau arus lalu lintas di traffic light perbatasan Jalan Jenderal Sudirman dan AH Nasution. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Kepolisian Resort (Polres) Metro akan melakukan rekayasa arus lalu lintas di delapan ruas jalan guna mengantisipasi kemacetan saat malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Delapan ruas jalan yang akan ditutup tersebut ialah Jalan AH Nasution, tepatnya di perempatan Bank Mandiri. Kemudian Jalan Ahmad Yani di perempatan TK Pertiwi, lalu Jalan ZA Pagaralam di simpang SMPN 3 Metro.

Selain itu, Jalan Mayjend Ryacudu tepatnya di simpang Alfamart Samber Park, Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di Traffic Light Rosyid, dan Jalan Raden Intan tepatnya di simpang Otto 2000.

Berikutnya ialah Jalan Raden Intan di Traffic Light Muhammadiyah dan jalan Raden Intan yang berada di simpang Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS).

"Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Metro, Satlantas Polres Metro akan melaksanakan rekayasa jalan yaitu akan ada penutupan beberapa titik untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas," kata Kapolres Metro, AKBP Heri Sulistyo Nugroho melalui Kasat Lantas IPTU Sulkhan, Senin malam.

"Diantaranya kami akan melakukan penutupan di Jalan AH Nasution, di Traffic light jalan Rasyid, Jalan Imam Bonjol, dan jalan AR Prawiranegara. Itu yang akan kami lakukan rekayasa penutupan jalan di malam takbiran nanti," imbuhnya. 

Kasat menjelaskan seluruh kendaraan nantinya akan dialihkan melalui jalan alternatif dan tidak diperkenankan masuk ke pusat kota.

"Ini merupakan langkah untuk meminimalisir kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas yang hendak masuk ke dalam pusat Kota Metro. Jadi nanti kota kita ini benar-benar clear," terangnya. 

Iptu Sulkhan juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan konvoi kendaraan dan menghindari akses jalan ke pusat Kota Metro.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak melaksanakan konvoi kendaraan di malam takbiran nanti. Untuk kesiapan, kita sudah mempersiapkan sarana dan prasarana serta personil," pungkasnya.