Wali Kota Bandarlampung segera tambal Jalan Ryacudu yang rusak parah

id Pemkot Bandarlampung,Jalan Ryacudu,rusak parah

Wali Kota Bandarlampung  segera tambal Jalan Ryacudu yang rusak parah

Wali Kota Bandarlampung Herman HN saat diwawancarai wartawan (FOTO ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN berencana menambal sementara Jalan Ryacudu Sukarame yang saat ini ada dalam kondisi rusak parah.

"Saya akan timbun untuk sementara jalan tersebut karena pembenahan Jalan Ryacudu adalah kewenangan pemerintah provinsi," katanya saat membuka acara "Customer Gathering", di Bandarlampung, Senin.

Menurut dia, banyak warga yang tidak paham atas kewenangan dan kepemilikan serta tanggung jawab jalan tersebut, sehingga masyarakat banyak yang menyalahkan pemerintah kota akibat pembiaran Jalan Ryacudu itu menjadi rusak.

"Masyarakat harus tahu bahwa tanggung jawab jalan tersebut ada pada Provinsi Lampung, bukan Pemkot Bandarlampung, kalau jalan itu kewenangan dan milik Pemkot tentunya rusak sedikit sudah saya benahi," katanya.

Untuk penangan sementara wali kota akan segera memanggil Dinas Pekerjaan Umum (DPU) agar segera menimbun jalan yang berlubang dan menjadi kubangan air tersebut.

Menurut Kepala DPU Bandarlampung Iwan Gunawan Pemkot mungkin akan memberikan penanganan sementara terhadap jalan sambil menunggu tindak lanjut perbaikan yang akan dilakukan Pemprov Lampung.

Ia mengatakan untuk menimbun Jalan Ryacudu yang berlubang pihaknya harus berkoordinasi lebih lanjut dengan wali kota dan mengecek langsung keadaan jalan tersebut.

"Soal yang dikatakan wali kota terkait penimbunan jalan itu, saya akan membicarakannya lagi dengan beliau dan akan turun langsung ke lapangan. karena Jalan Ryacudu itu kan hak Provinsi Lampung dan sudah pada tahap lelang," katanya.

Jalan Terusan Ryacudu merupakan akses utama menuju Pintu Tol Kotabaru dari Kota Bandarlampung. Pengendara yang hendak menuju Bandara Radin Inten II Lampung atau Pelabuhan Bakauheni, umumnya memilih melintasi melalui Jl Terusan Ryacudu ke Pintu Tol Kotabaru, karena akses itu yang merupakan terdekat dari kota Bandarlampung.