Konsumsi BBM di Lampung naik 23 persen

id bbm,spbu, pertamina

Seorang petugas SPBU sedang mengisi tanki mobil dengan premium. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Konsumsi BBM di Lampung dipastikan naik mengingat daerah ini menjadi salah satu jalur mudik di Pulau Sumatera, kata Erwin
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoline seperti pertamax turbo, pertamax, pertalite, dan premium selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2018 akan mengalami peningkatan sekitar 23 persen.

"Konsumsi BBM di Lampung dipastikan naik mengingat daerah ini menjadi salah satu jalur mudik di Pulau Sumatera," kata General Manager PT Pertamina MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan, untuk saat ini, prediksi peningkatan untuk BBM jenis gasoline di Lampung diperkirakan mencapai 23 persen. Peningkatan ini didominasi oleh BBM jenis pertamax sebanyak 47 persen, pertalite 25 persen, dan premium sebanyak 9 persen.

Mengantisipasi kenaikan konsumsi tersebut, lanjutnya, Pertamina sudah menyiapkan 10 unit mobil tanki tambahan dengan total kapasitas 176 kilo liter (Kl) di TBBM Panjang, 15 unit motoris kemasan, 4 kantong BBM (mobile storage) di empat titik SPBU, dan SPBU Buffer Stock di tiga titik SPBU.

Sementara itu, lanjutnya, untuk konsumsi BBM jenis gasoline seperti pertamax turbo, pertamax, pertalite, dan premium di Sumatera Bagian Selatan diprediksi terjadi peningkatan hingga 19 pesen dari konsumsi normal.

Erwin menjelaskan, diperkirakan, peningkatan konsumsi Pertamax Turbo akan mencapai 38 persen, Pertamax 35 persen, Pertalite 19 persen, dan Premium mencapai 15 persen.

Prediksi kenaikan tertinggi konsumsi BBM jenis gasoline akan terjadi pada H-5 dengan angka kenaikan sebanyak 77 persen dari konsumsi normal.

Sedangkan untuk BBM jenis gasoil yakni BBM diesel seperti pertamina dex, dexlite, dan solar/bio solar diprediksi mengalami penurunan hingga 11 persen dari konsumsi normal hal ini diakibatkan oleh tidak beroperasinya kendaraan berat saat arus mudik dan balik sehingga konsumsi solar/bio solar turun 13 persen.

Namun demikian, lanjutnya, tetap ada peningkatan untuk BBM jenis Pertamina Dex hingga 42 persen dan Dexlite sebanyak 12 persen.

"Untuk BBM jenis gasoil, peningkatan konsumsi akan terjadi pada 31 Mei 2018 atau H-15 dengan angka kenaikan sebanyak 30 persen dari konsumsi normal," jelasnya.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar