Arinal janji jaga hutan Lampung

id arinal kampanye akbar,cagub lampung, arinal djunaidi

Arinal janji jaga hutan Lampung

Calon gubernur Lampung nomor urut tiga Arinal Djunaidi saat orasi pada kampanye akbar di Lapangan Kalpataru, Kemiling, bandarlampung, Minggu (29/4). (Foto: Antara Lampung/Agus Wira Sukarta/)

Kita akan tetap bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta pemerintah kabupaten/kota, serta instansi terkait untuk menjaga hutan di Lampung, kata Arinal
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Calon gubernur Lampung nomor urut tiga, Arinal Djunaidi berjanji akan menjaga hutan daerah setempat untuk tetap lestari dan aman dari perambahan.

"Kita akan tetap bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta pemerintah kabupaten/kota, serta instansi terkait untuk menjaga hutan di Lampung," kata Arinal, usai kampanye akbar di Lapangan Kalpataru, Kemiling, Bandarlampung, Minggu (29/4).

Ia mengatakan bahwa Lampung memiliki Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan Taman Nasional Waykambas, serta hutan lindung dan konservasi.

Menurutnya, taman nasional pengelolaannya merupakan tanggungjawab Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sedangkan hutan lindung kewenangan dari pemerintah kabupaten dan hutan konservasi pemerintah provinsi.

Namun demikian lanjutnya, pengelolaan hutan tersebut harus dikelola dengan baik dan benar.

"Taman nasional dan hutan lindung itu membujur dari timur dan terdapat di kabupaten dan kota. Sehingga jika terjadi bencana alam seperti banjir akibat kerusakan hutan maka akan berakibat pada daerah tersebut," ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung itu mengatakan bahwa kerusakan hutan di Lampung beberapa tahun lalu mencapai 30 persen, tetapi sekarang naik menjadi di atas 40 persen.

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjutnya, tata ruang hutan harus dipertahankan, berdayakan masyarakat sekitar hutan untuk tidak merambah, melakukan konservasi taman nasional dan hutan lindung untuk difungsikan menjadi kawasan ekologi, sumber air, dan kepentingan lainnya.

Kampanye akbar pasangan nomor urut tiga berlangsung di Lapangan Kalpataru Kemiling Bandarlampung, itu dihadiri ribuan warga Bandarlampung.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Arinal-Nunik),??itu mengajak seluruh masyarakat Lampung untuk berperan aktif membangun daerah setempat.

Kampanye akbar pasangan nomor urut tiga itu dimeriahkan oleh grup Band Wali serta artis lainnya.

"Kami mengajak masyarakat Lampung sesuai dengan pekerjaan dan profesi masing-masing, demi terwujudnya Rakyat Lampung Berjaya," kata calon gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Pasangan yang diusung Partai Golkar, PKB, dan PAN itu memaparkan sembilan program kerja untuk membangun Lampung Berjaya, yakni memfasilitasi pembangunan pertanian dan kesejahteraan petani melalui kartu berjaya.

Selanjutnya, peningkatan ekonomi melalui penciptaan lapangan pekerjaan baru, percepatan perbaikan sarana dan prasarana jalan dan pemeliharaannya; jaminan keamanan bagi seluruh masyarakat; fasilitas penyediaan listrik bagi desa- desa yang saat ini belum terjangkau pelayanan listrik.

Kemudian, peningkatan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat; peningkatan kualitas pendidikan menengah dan tinggi, perlindungan anak dan pemberdayaan ibu rumah dalam peningkatan kesejahteraan keluarga; serta memberikan kemudahan layanan administrasi pemerintahan bagi seluruh masyarakat.