TKN: SBY dan menteri dukung Prabowo-Gibran hadiri kampanye akbar

id TKN Prabowo-Gibran,Kampanye akbar Prabowo-Gibran,Pilpres 2024

TKN: SBY dan menteri dukung Prabowo-Gibran hadiri kampanye akbar

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid saat konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis (8/2/2024). (ANTARA/HO-TKN Prabowo-Gibran)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyebut Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga menteri pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan menghadiri kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (10/2).

“Hampir semua tokoh pendukung 02 akan hadir. Kami tadi siang sebelum ke sini dapat konfirmasi dari Ketum Demokrat (Agus Harimurti Yudhoyono), Pak SBY pun akan hadir, terus pasti beberapa menteri pendukung Pak Prabowo juga hadir,” ujar Nusron di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis.


Pada konferensi pers itu, Nusron juga menyinggung soal kehadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). “Pak Jokowi hadir apa enggak, begitu? Belum dapat konfirmasi,” katanya.



Nusron mengatakan bahwa pihaknya tidak mengundang Jokowi karena kampanye merupakan acara untuk umum.

“Kampanye kan enggak pakai undangan, kampanye itu untuk umum, tapi kalau ada yang ingin hadir pasti kita tempatkan yang terhormat. Kampanye kan enggak pakai undangan, ini bukan pesta, masa pakai undangan,” tutur dia.

Kampanye akbar bertajuk Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju itu nantinya juga dihadiri oleh sejumlah pesohor tanah air, di antaranya Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Kiki Saputri, Lesti Kejora, Rizky Billar, dan Rachel Vennya, Dewa 19 Feat Ello dan Ari Lasso, Andre Taulany, Atta Halilintar, dan Aurel Hermansyah.

Nusron menjelaskan kampanye akbar tersebut direncanakan berlangsung mulai pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Namun begitu, pintu masuk sudah dibuka mulai pukul 12.30 WIB.

“Kegiatan ini atau Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju ini dilaksanakan untuk umum, tidak memakai tiket untuk masuk, semua masyarakat pun bisa masuk,” kata dia.

Nantinya, TKN Prabowo-Gibran juga mengakomodasi pedagang di sekitar GBK untuk berjualan di pusat makanan. Peserta kampanye bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk makan secara gratis maupun berbayar.

“Nanti teman-teman bisa ikut makan di sana secara terbatas, ada yang bayar, ada yang tidak bayar, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar, namanya juga pesta rakyat,” ujar Nusron.

Selain pusat makanan, kata Nusron, juga disediakan micro-medical-clinic atau klinik medis mikro untuk mengantisipasi peserta kampanye yang jatuh sakit.


KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon sebagai peserta Pemilu 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye pun ditetapkan oleh KPU berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, diikuti masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Pemungutan suara presiden-wakil presiden dan anggota legislatif berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024.