Bupati Lampung Tengah Luncurkan Senam Ronda

id peluncuran senam ronda, mustafa, bupati lampung tengah

Bupati Lampung Tengah Luncurkan Senam Ronda

Bupati Lampung Tengah, Mustafa (tengah) dan Wakil Bupati Loekman Djoyosoemarto (kanan) sedang memperagakan gerakan senam ronda yang digagas Bupati, Jumat (10/2) (Foto: Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Senam ronda akan menjadi senam wajib di Lampung Tengah. Akan kita kenalkan ke seluruh masyarakat mulai dari anak-anak, pelajar, masyarakat termasuk aparatur pemerintah," kata Bupati...
Lampung Tengah (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Tengah, Mustafa meluncurkan lagu dan senam ronda di Lapangan Merdeka Gunung Sugih, Jumat (10/2), yang dihadiri kalangan ratusan pelajar, mahasiswa dan PNS.

Peluncuran senam ronda yang digagas Mustafa ditandai dengan pemukulan gong dan menerbangkan balon oleh Bupati didampingi Wakil Bupati Loekman Djojosoemarto dan unsur Forkompimda Lampung Tengah.

Senam ronda dipimpin langsung oleh Mustafa dan Ketua TP PKK Nesy Kalvia. Keduanya kompak mengenakan seragam senam ronda biru-biru.

Sedikit berbeda dengan senam-senam pada umumnya, dari sisi gerakan, salah satu gerakan khas senam ronda adalah gerakan memukul kentongan yang biasa dilakukan petugas ronda. Senam ini diharapkan bisa menambah semangat atau meningkatkan semangat warga untuk melaksanakan ronda.

"Keamanan menjadi program yang harus diwujudkan di Lampung Tengah lewat ronda. Saya ingin seluruh masyarakat berpartisipasi, bersama-sama mengamankan daerah kita. Untuk itu saya ingin menggerakkan masyarakat untuk ronda," katanya.

Senam ronda nantinya akan dijadikan sebagai agenda rutin di Lampung Tengah yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Ronda sebagai salah satu program keamanan Lampung Tengah harus dikenalkan ke masyarakat dari seluruh lapisan, termasuk anak-anak dan pelajar.

"Senam ronda akan menjadi senam wajib di Lampung Tengah. Akan kita kenalkan ke seluruh masyarakat mulai dari anak-anak, pelajar, masyarakat termasuk aparatur pemerintah. Masyarakat harus familiar dengan ronda. Tak melulu aktivitas jaga dan pengamanan, ronda juga harus menjadi kegiatan yang menyenangkan," ujar Mustafa.

Sementara itu Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djojosoemarto menuturkan senam ronda bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga memberi semangat kepada masyarakat untuk ronda. Warga diharapkan semakin familiar dengan aktivitas ronda.

"Masalah gangguan dan keamanan di siang hari, masyarakat diminta waspada. Siang cukup dilakukan oleh petugas keamanan. Tetapi kalau malam, warga harus berpartisipasi menjaga keamanan lewat ronda," ujar Wabup.

Usai senam, para peserta juga dimanjakan dengan puluhan hadiah mulai dari kulkas, sepeda, kipas angin dan lainnya. Tak hanya itu, Bupati Mustafa juga membagikan seragam rompi kepada petugas kebersihan di Lampung Tengah. (Ant)