Ribuan napi di Rutan ikuti senam "gerakan seribu sehat"

id Rutan bandarlampung, senam gerakan seribu sehat, gerakan seribu sehat, napi rutan

Ribuan napi di Rutan ikuti senam "gerakan seribu sehat"

Ribuan warga binaan di Rutan ikuti senam "gerakan seribu sehat". (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 1.100 warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandarlampung mengikuti kegiatan senam "gerakan seribu sehat" yang dilaksanakan oleh petugas setempat.

"Kita buat gerakan seribu sehat ternyata antusias warga binaan melebihi itu. Ada 1.100 lebih warga binaan yang ikut meramaikan, jadi semua warga binaan kita keluarkan," kata Kepala Rutan (Karutan) Bandarlampung, Iwan Setiawan melalui Kepala Pengamanan Rutan (KPR), Yusuf Priyo Widodo di Bandarlampung, Sabtu.

Dia melanjutkan selain seluruh warga binaan yang ikut kegiatan tersebut, para petugas juga ikut melaksanakan senam bersama warga binaan setempat. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk lebih meningkatkan lagi kebersamaan dan kekompakan antara warga binaan dan para petugas.

"Jika ada kebersamaan dan kekompakan tentunya kita dapat meminimalisir kegiatan-kegiatan negatif, upaya negatif, maupun benda-benda negatif yang ada di dalam," kata dia.

Yusuf menambahkan pada kegiatan tersebut, pihaknya mengundang sebanyak tiga instruktur senam untuk memimpin senam terhadap warga binaan dan petugas. Senam yang dilakukan tersebut, selain itu juga dalam rangka mencegah terjadi penularan COVID-19 baik kepada warga binaan maupun petugas.

"Kita panggil tiga instruktur senam agar warga binaan kita semangat, dan syukur mereka sangat antusias sekali. Semua lapangan kita penuh warga binaan dan petugas," kata dia lagi.

Lanjut dia, meskipun semua warga binaan keluar blok untuk melaksanakan senam namun pihaknya tetap tidak melalaikan penjagaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pihaknya menyiagakan para petugas untuk di setiap perbatasan maupun di tempat-tempat lain yang kemungkinan akan dimanfaatkan para warga binaan.

"Alhamdulillah, mereka tidak melakukan yang aneh-aneh. Kita memegang komitmen mereka agar tidak melakukan yang aneh-aneh jika seluruh warga binaan kita keluarkan untuk ikuti senam ini," katanya.