Wali Kota Canangkan 2015 Gorong-gorong bersih

id walikota bandrlampung, herman hn, gorong-gorong, bersih

Tahun 2015 harus bersih dari sampah, jangan ada lagi sampah yang menumpuk di gorong-gorong dan sungai."
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyatakan pada tahun 2015 Pemerintah Kota ini mencanangkan gorong-gorong yang ada harus bersih dari sampah, agar tidak terjadi lagi banjir yang disebabkan sampah menumpuk.
        
"Tahun 2015 harus bersih dari sampah, jangan ada lagi sampah yang menumpuk di gorong-gorong dan sungai," kata dia, di Bandarlampung, Sabtu.
        
Herman menegaskan bahwa sungai yang ada di Bandarlampung akan dikeruk sampahnya oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan juga akan dilakukann pelebaran.
        
Melalui Dinas PU itu, menurut Herman, gorong-gorong juga akan ditambah kedalamannnya mencapai satu meter dan lebih diperlebar menjadi empat meter.
        
"Pelebaran ini dilakukan agar saat hujan datang airnya lancar dan tidak ada lagi yang mampet. Setiap hari akan dibersihkan sehingga tidak ada sampah menumpuk," katanya pula.
        
Pihaknya bertekad tahun depan sampah di sungai dan gorong-gorong tidak ada lagi.
        
Sejumlah gorong-gorong yang dipenuhi sampah dan menjadi sorotan di Bandarlampung, antara lain di Kelurahan Sawah Brebes dan Kecamatan Tanjungkarang Timur.
        
Selain itu, pihaknya meminta kepada PDAM Way Rilau untuk mengecek dan memperbaiki pipa distribusi air bersih yang bocor, mengingat pada beberapa jalan ada yang bocor dan mengakibatkan terjadi genangan air di jalan.
        
Kepala Dinas PU Kota Bandarlampung Ibrahim mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan pelebaran dan memperdalam gorong-gorong yang ada, seperti di wilayah Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Panjang, Kelurahan Kemiling, dan Kecamatan Rajabasa.
        
"Sejumlah daerah yang dinilai rawan banjir jadi prioritas untuk dilakukan pengerukan gorong- gorong. Seperti dikatakan Kak Wali Kota, agar tahun depan Bandarlampung bisa bebas dari bencana banjir," kata dia lagi.