Presiden Chavez Meninggal

id Presiden Chavez Meninggal

Presiden Chavez Meninggal

Presiden Venezuela, Hugo Chavez, di tengah pasukannya. (Egilda Gomez/Associated Press/nytimes.com)

Caracas (Antara/AFP) - Presiden Venezuela Hugo Chavez kalah dalam perjuangannya melawan  kanker Selasa, membungkam suara tokoh kiri terkemuka Amerika Latin itu dan menjerumuskan bangsa yang kaya minyak itu ke dalam masa depan yang tidak pasti.
        
"Kami telah menerima informasi yang paling sulit dan tragis bahwa ... komandan Presiden Hugo Chavez meninggal hari ini pada pukul 16.25 waktu setempat,"  Wakil Presiden Nicolas Maduro menangis saat mengumumkan di televisi, langsung dari rumah sakit militer Caracas.
        
"Hidup Chavez," teriak para pejabat di sekelilingnya.
        
Chavez,  58 tahun, telah diperiksa ke rumah sakit itu pada  18 Februari untuk terus kemoterapi setelah dua bulan di Kuba, di mana pada Desember dia mengalami putaran keempat operasi kankernya sejak Juni 2011.
        
Setelah 14 tahun di bawah mantan penerjun payung karismatik itu, Venezuela sekarang menghadapi prospek pemilu sela, dengan Maduro ditunjuk sebagai penggantinya.
        
Simbol "anti imperialis"  Amerika Latin kiri itu telah menghilang dari pandangan publik setelah diterbangkan ke Kuba pada 10 Desember, yang memicu rumor tidak biasa tentang kesehatannya.
        
Dia hanya terlihat di beberapa foto yang dirilis bulan lalu, yang menunjukkan dirinya di ranjang rumah sakit Havana, tersenyum dengan kedua anaknya perempuan di sisinya.
        
Pemerintah telah mengirimkan sinyal campuran tentang kesehatan presiden pada pekan lalu, dengan  memperingatkan suatu hari ia berjuang untuk hidupnya, namun bersikeras  bahwa Chavez masih bertugas dan memberi perintah pada sekitar pekan lalu.
        
Pihak  oposisi berulang kali menuduh pemerintah berbohong tentang kondisi presiden.
        
Dengan kematiannya, Chavez akan ditangisi oleh banyak negara miskin, yang dihormati apa yang dianggap langkah revolusioner  menggunakan kekayaan minyak negara  untuk mendanai proyek-proyek perumahan, kesehatan, makanan dan program pendidikan.
        
Dan para pemimpin  Amerika Latin sepaham  seperti Presiden Kuba Raul Castro, Pemimpin Ekuador Rafael Correa dan Presiden Bolivia Evo Morales telah kehilangan seorang teman dekat yang acapkali dituding menggunakan diplomatik otot dan minyak murah untuk menopang pemerintahan mereka.
        
Chavez meninggal lima bulan setelah memenangkan pemilu Oktober, mengatasi kebangkitan kembali oposisi namun membuat frustrasi publik atas peringkat pembunuhan meningkat, pemadaman listrik secara teratur dan inflasi yang melonjak.
        
Ia absen dari acara sumpah jabatan enam tahun ke depan pada  10 Januari, tetapi Mahkamah Agung menyetujui penundaan terbatas. Di bawah konstitusi Venezuela pemilu harus diselenggarakan dalam waktu 30 hari setelah  kematian presiden.




Penerjemah : A Krisna