Perempuan Berperan Penting Membangun Ekonomi

id Perempuan Berperan Penting Mmbangun Ekonomi

Perempuan Berperan Penting Membangun Ekonomi

Wakil Gubernur Lampung Joko Umar Said menjawab pertanyaan sejumlah wartawan.(Foto ANTARA/M.Tohamaksun)

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Wakil Gubernur Lampung MS Joko Umar Said mengatakan perempuan memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun ketahanan ekonomi.

        "Hal itu sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Lampung, yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat diberbagai sektor, baik pertanian, perkebunan, perikanan, jasa, dan lain-lain," kata Joko Umar saat diwawancarai ANTARA.

        Karena itu, kata dia, pemerintah daerah memiliki komitmen untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

        Menurut dia, bila masyarakat sejahtera secara otomatis predikat Provinsi Lampung sebagai daerah termiskin ketiga di Sumatera dapat berubah menjadi provinsi yang lebih baik dan sejahtera.

        Ia mengatakan, wacana tersebut bukanlah hal yang mustahil, jika seluruh elemen masyarakat Lampung tanpa terkecuali peran perempuan bersama mendukung program perekonomian sesuai dengan profesinya.

        Sehingga, Lampung menjadi provinsi yang unggul dan berdaya saing serta sebagai daerah percontohan terbaik dalam hal mensejahterakan masyarakat.

        Disisi lain, menurut dia, peringatan ke-83 Hari Ibu tahun 2011 dengan tema "Peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan ekonomi menuju kesejahteraan bangsa.

        Menurut dia, tema tersebut sangatlah tepat dan relevan mengingat di era modernisasi dan globalisasi kaum perempuan dituntut untuk membangun ketahanan ekonomi, baik yang berprofesi sebagai elit politik, PNS, pengusaha, petani, pedagang hingga ibu rumah tangga.

        Menyikapi pemberitaan oleh media massa terkait tindak kriminalitas pemerkosaan dan lain-lain yang dialami kaum perempuan di angkutan umum, Joko meminta kaum perempuan khususnya pengguna angkutan umum untuk lebih waspada.

        "Tidaklah mustahil kejadian tersebut dapat juga terjadi di daerah ini, dan saya meminta kepada pihak terkait untuk melakukan sosialisasi khususnya kaum perempuan untuk menghindari korban tindak kriminalitas," kata dia.

        Ia menambahkan, Hari Ibu diharapkan menjadi "starting point" bagi perempuan untuk terus meningkatkan kiprah dalam berbagai aspek kehidupan. (Ant)