PGE Ulubelu Lampung Syukuran Peresmian

id PGE Ulubelu Syukuran Peresmian, PGE Ulubelu Lampung

PGE Ulubelu Lampung Syukuran Peresmian

Sebagai rasa syukur telah diresmikan PLTP Ulubelu Unit 3 PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) oleh Presiden Joko Widodo, PGE Area Ulubelu menyelenggarakan bakti sosial dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum duafa di kantor PGE Area Ulu

Tanggamus, Lampung (ANTARA Lampung) - Sebagai rasa syukur telah diresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu Unit 3 PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) oleh Presiden RI Joko Widodo, PGE Area Ulubelu menyelenggarakan kegiatan bakti sosial bagi warga setempat.

General Manager PT PGE Area Ulubelu Dirgo Rahayu, di Tanggamus, Lampung, Rabu, menjelaskan bahwa syukuran peresmian itu ditandai dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum duafa di kantor PGE Area Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Selasa (27/12), bersamaan acara peresmian oleh Presiden Joko Widodo di Minahasa, Sulawesi Utara.

Santunan diberikan kepada 40 orang yatim piatu dan 20 orang kaum duafa yang berada di Kecamatan Ulubelu oleh General Manager PGE Area Ulubelu Dirgo Rahayu, Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora SIK, Dandim Tanggamus Letkol Inf Hista Soleh Harahap serta perwakilan dari Pemerintah Provinsi Lampung Ahmad Rizal.

Dirgo Rahayu dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan proyek PLTP Ulubelu Unit 3 dapat diselesaikan lebih cepat satu bulan dari waktu yang ditargetkan.

"Kami mengucap syukur atas hasil yang telah dicapai ini. Untuk ke depan mohon doanya agar proyek PLTP Ulubelu Unit 4 dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan," ujarnya lagi.

Lebih lanjut Dirgo menyampaikan dengan telah beroperasi PLTP Ulubelu Unit 3 ini, kapasitas terpasang PGE Area Ulubelu sebesar 165 megawatt (MW) dan mampu berkontribusi terhadap kelistrikan di Provinsi Lampung sebesar 20 persen.

Acara ditutup dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustad Ahmad Syahroni dan Salat Zuhur berjamaah.

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu Unit 3 berkapasitas 1x55 MW yang diusahakan oleh PT Pertamina Geothermal Energy dan berlokasi di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden RI Joko Widodo pada saat Peresmian Infrastruktur Energi di Tompaso, Sulawesi Utara, Selasa (27/12).

PLTP Ulubelu Unit 3 merupakan salah satu proyek panas bumi yang berhasil dikerjakan oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dengan investasi senilai 250 juta dolar AS yang setara dengan Rp2,8 triliun (total proyek).

Proyek itu mulai dikerjakan pada 8 Agustus 2014 dengan target selesai Agustus 2016, namun berhasil masuk ke dalam sistem pada 26 Juli 2016 atau lebih cepat satu bulan. Proyek ini mampu menyerap tenaga kerja sekitar 2.100 orang.

Dengan diresmikan PLTP Unit 3 Ulubelu ini, kapasitas terpasang PGE Area Ulubelu saat ini sebesar 165 MW dan mampu berkontribusi terhadap kelistrikan di Provinsi Lampung sebesar 20 persen.

Sedangkan untuk PLTP Ulubelu Unit 4 dengan kapasitas 1x55 MW (total proyek) ditargetkan selesai pada Juni 2017 dengan kapasitas terpasang menjadi sebesar 220 MW.

PGE Area Ulubelu mendukung program yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam mengembangkan energi bersih dan ramah lingkungan, sehingga mampu mengurangi emisi karbon secara berkesinambungan, kata GM PT PGE Area Ulubelu Dirgo Rahayu.