IBI Darmajaya Tawarkan Beasiswa ke Thailand-Vietnam-Kamboja

id IBI Darmajaya Tawarkan Beasiswa ke Thailand-Vietnam-Kamboja

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung membuka kesempatan kepada mahasiswa yang ingin belajar ke luar negeri melalui Summer Program Scholarship di Thailand, Kamboja, dan Vietnam untuk menyiapkan mahasiswa mampu berkompetisi secara global (global competition readiness).

Kepala Kantor Urusan Internasional IBI Darmajaya, Rahmalia Syahputri, di Bandarlampung, Kamis (14/8), menjelaskan bahwa program beasiswa yang berlangsung selama dua pekan, pada 31 Agustus hingga 14 September 2014 ini diberikan secara penuh kepada mahasiswa.

Dia menyebutkan, beberapa fasilitas yang diberikan di antaranya tiket pulang pergi Lampung dan negara tujuan, biaya program, biaya hidup dan pembekalan.

Ia mengemukakan, Summer Program Scholarship ini menjadi bagian dari implementasi hibah program bantuan penguatan kelembagaan kantor urusan internasonal (PKKUI) yang diterima IBI Darmajaya tahun 2014 ini.

Beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan, yakni kunjungan industri, workshop, dan pertukaran budaya.

"Program ini terbuka bagi seluruh mahasiswa IBI Darmajaya, baik program D-3 maupun S-1. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yakni mengumpulkan transkip nilai, TOEFL lebih dari 450, IPK minimal 3,00, dan menulis esai baik dalam bentuk bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia," ujarnya pula.

Rahmalia menambahkan, esai dalam bahasa Inggris yang ditawarkan bertema "About me, how do I see my self" dan "My opinion about youth social life in Lampung."

Sedangkan tema untuk esai bahasa Indonesia, yaitu pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kemajuan daerah (bagi mahasiswa Teknik Informatika), pengaruh otomasi di dunia industri (Sistem Komputer/Teknik Komputer), pengaruh sistem informasi dalam bisnis (Manajemen Informatika/Sistem Informatika), kewirausahaan dalam menunjang kemajuan daerah (Manajemen) dan memaksimalkan penggunaan pajak untuk kemajuan daerah (Akuntansi).

"Ada sembilan mahasiswa yang bersaing memperebutkan beasiswa ini, dengan dua tahapan seleksi, yakni seleksi berkas dan wawancara. Dari total peserta, hanya dua orang yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut," ujar Rahmalia lagi.

Selain Summer Program Scholarship, IBI Darmajaya juga memiliki Program Student Mobility, Passage to ASEAN, dan International Internship.

Program ini, ujar Rahmalia, diharapkan mampu meningkatkan mobilitas mahasiswa Indonesia pada umumnya dan Lampung pada khususnya ke luar negeri yang selama ini masih rendah dibandingkan dengan mahasiswa di negara Asia lainnya.

Rektor IBI Darmajaya, Dr Andi Desfiandi, SE, MA, mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Menurut Andi, Summer Program Scholarship ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa, baik dalam keilmuan maupun pengalaman.

"Hal ini juga menjadi bekal mahasiswa dalam menghadapi ASEAN Community yang semakin dekat," ujarnya.

Dia menegaskan, melalui program ini mahasiswa bisa mengkaji langsung budaya dan pendidikan di luar negeri secara gratis tanpa biaya apa pun.

"Dengan pengalaman tersebut, mahasiswa juga semakin dibuka wawasannya terkait persaingan global yang akan kita hadapi satu tahun mendatang. Mudah-mudahan Summer Program Scholarship bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi mahasiswa dan meningkatkan daya saing di tingkat global," ujar Andi pula.