Ratusan pemudik roda dua tiba di Pelabuhan Regional 2 Panjang

id lampung, panjang, pelabuhan panjang, pemudik, arus mudik

Ratusan pemudik roda dua tiba di Pelabuhan Regional 2 Panjang

Ratusan pemudik roda dua tiba di Pelabuhan Regional 2 Panjang, Bandarlampung. ANTARA/HO

Kami selaku operator pelabuhan senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal.

Bandarlampung (ANTARA) - Ratusan pemudik roda dua yang berasal dari Pelabuhan Ciwandan Regional 2 Banten tiba di Pelabuhan Regional 2 Panjan, Bandarlampung, Lampung, Minggu dini hari tadi. Kedatangan para pemudik langsung disambut oleh GM Pelindo Regional 2 Panjang Imam Rahmiyadi.

KMP Panorama Nusantara itu mengangkut pemudik kendaraan roda dua dan truk logistik dari Pelabuhan Ciwandan Regional 2 Banten. Setelah sebelumnya Pelabuhan Regional 2 Panjang dipersiapkan sebagai pelabuhan tambahan dalam menghadapi arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1445 H/tahun 2024.

Imam Rahmiyadi menyampaikan Pelabuhan Regional 2 Panjang sebagai pelabuhan yang berada di Provinsi Lampung ditunjuk sebagai ppelabuhan tambahan oleh pemerintah pusat untuk menjadi pelabuhan penyeberangan bagi pemudik pada Idul Fitri 1445 H/tahun 2024 ini.

Lebih lanjut Imam mengatakan, perlu ada tambahan pelabuhan di luar Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni untuk memastikan masyarakat yang akan melakukan arus mudik dan arus balik bisa berjalan lancar, guna mengurai kemacetan sehingga para pemudik di tahun ini merasa betul-betul nyaman dan aman.

Pelabuhan Regional 2 Panjang telah menyiapkan berbagai fasilitas yakni Dermaga C dengan panjang 375 meter kedalaman -7 sampai -11 meter LWS, 3 unit motor pandu dan 4 unit kapal tunda untuk pemanduan dan penundaan serta penyandaran kapal.

Selain itu, kata Imam, disediakan area pendukung yakni lapangan 005 D (buffer area) dengan luas 13.652 m2 yang dapat menampung total seribu lebih unit kendaraan pemudik.

“Kami selaku operator pelabuhan senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal berkoordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya KSOP Kelas 1 Panjang sebagai Regulator dan stakeholder terkait, dalam pelaksanaan kegiatan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1445 H/tahun 2024 ini,” kata Imam.

Ia menjelaskan, dengan fasilitas utama yang baik dan memastikan keamanan serta kenyamanan yang diberikan kepada para pemudik, insya Allah pemudik dapat berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat dan selamat.

Ia berharap, pada arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024 ini semua lini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala, sehingga seluruh masyarakat yang melakukan kegiatan mudik dapat berkumpul dengan keluarga dengan nyaman dan kembali ke perantauan dengan selamat, sesuai dengan slogan yang dirilis Kementerian Perhubungan tahun 2024 ini yakni "Mudik Ceria, Penuh Makna".

Berita kerja sama

Baca juga: 118 pemudik tiba di Pelabuhan Panjang di puncak arus mudik Lebaran
Baca juga: Polresta Bandarlampung kawal pemudik sepeda motor asal Pulau Jawa di Pelabuhan Panjang