118 pemudik tiba di Pelabuhan Panjang di puncak arus mudik Lebaran

id Pelabuhan panjang, arus mudik lampung, Lebaran 2024

118 pemudik tiba di Pelabuhan Panjang di puncak arus mudik Lebaran

Pemudik yang menggunakan KM Panorama tengah bersandar di Pelabuhan Panjang pada periode mudik Lebaran 2024. Bandarlampung, Minggu (7/4/2024). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 118 orang pemudik tiba di Pelabuhan Panjang, Lampung sebagai pelabuhan alternatif pada puncak arus mudik Lebaran 2024.
 
"Pada Sabtu dini hari ini KM Panorama tiba di Pelabuhan Panjang Lampung, membawa pemudik dari Pelabuhan Ciwandan, Cilegon. Memang skema awal harusnya di 3 April, tapi pemberangkatan pemudik ini baru terlaksana hari ini," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang Jece Julita Piris di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan, berlabuhnya KM Panorama untuk pertama kali di periode angkutan Lebaran 2024 ini telah mengangkut sebanyak 118 orang pemudik.
 
"Jumlah penumpang hari ini ada sebanyak 118 orang yang dibawa dari Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Panjang ini," katanya.

Dia menjelaskan, untuk jumlah kendaraan yang dibawa total ada 93 unit yang terdiri atas kendaraan roda dua 67 unit, bus kecil 17 unit, dan truk kecil sembilan unit.

"Pemudik ini berangkat sejak Sabtu (6/4) pukul 19.00 WIB, dan tiba pada dini hari. Bersyukur semua bisa berjalan lancar," tambahnya.

General Manager (GM) Pelindo Regional II Panjang Imam Rahmiyadi menyebut Pelabuhan Panjang digunakan sebagai alternatif untuk mengurai kepadatan mudik di Pelabuhan Bakauheni. "Dan subuh ini sudah tiba KM Panorama untuk bersandar," ujarnya.

Ia mengatakan kedatangan pemudik dengan KM Panorama dilayani di dermaga khusus, dan untuk fasilitas serta pelayanan kapal tunda dan kapal pandu pun telah disiapkan.

"Semua sudah dilaksanakan dengan baik, dan kami siap menjalankan tugas yang diberikan pemerintah untuk melayani pemudik di Pelabuhan Panjang, dan pelayanan ini akan terus dilakukan hingga satu hari menjelang Idul Fitri 2024," tambahnya.