KSOP Lampung sebut 4.261 kendaraan menyeberang melalui Panjang selama Lebaran

id Pelabuhan panjang, angkutan lebaran 2024,KSOP Lampung

KSOP Lampung sebut 4.261 kendaraan menyeberang melalui Panjang selama Lebaran

Kendaraan yang menyeberang di periode angkutan Lebaran 2024 melalui Pelabuhan Panjang. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Terakhir ada penumpang yang menyeberang kemarin, untuk hari ini sudah tidak ada yang menyeberang lagi
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang Jece Julita Piris mengatakan selama pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024 sebanyak 4.261 kendaraan menyeberang melalui Pelabuhan Panjang, Lampung.
 
"Berdasarkan data laporan Posko Angkutan Lebaran 2024 di Pelabuhan Panjang hingga 18 April pagi tadi, untuk jumlah total kendaraan yang sudah menyeberang di arus mudik dan arus balik sebanyak 4.261 unit," ujar Jece Julita Piris saat dihubungi di Bandarlampung, Kamis.
 
Ia mengatakan 4.261 unit kendaraan yang menyeberang di Pelabuhan Panjang pada periode Angkutan Lebaran 2024 tersebut terbagi di arus mudik 818 unit kendaraan yang turun, sedangkan pada arus balik ada 3.443 unit kendaraan yang naik kapal.
 
"Untuk kumulatif kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang yaitu KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea di Pelabuhan Panjang sebanyak 21 kali di periode angkutan Lebaran 2024. Dimana pada arus mudik yang beroperasi hanya KMP Panorama Nusantara dan ada tambahan dua kapal lainnya yang mulai operasional pada 13 April tepatnya di arus balik," katanya.
 
Dia melanjutkan untuk jumlah penumpang selama periode Angkutan Lebaran 2024 sebanyak 8.227 orang penumpang.
 
Sebanyak 8.227 orang penumpang tersebut terdiri dari 1.222 orang pemudik dan 7.005 orang pemilir.
 
"Saat arus balik di periode Angkutan Lebaran kemarin ada bantuan dari tim Polisi Lalu Lintas, yang ada di pertigaan Jalan Lintas Sumatera yang menyarankan kepada pengendara sepeda motor yang telah memiliki tiket untuk menyeberang melalui Pelabuhan Panjang, agar terhindar dari antrean panjang kendaraan di Pelabuhan Bakauheni," katanya.

Menurut dia, pada hari ini tidak ada lagi pelayanan penyeberangan melalui Pelabuhan Panjang, sebab telah tidak ada pemilir yang menggunakan jasa penyeberangan di pelabuhan tersebut.

"Terakhir ada penumpang yang menyeberang kemarin, untuk hari ini sudah tidak ada yang menyeberang lagi," ujar dia