Disparekraf Lampung cata wisatawan akhir tahun diprediksi 2 juta orang

id Wisatawan Lampung, pariwisata Lampung, wisata lampung

Disparekraf Lampung cata wisatawan akhir tahun diprediksi 2 juta orang

Ilustrasi- Wisatawan yang ada tengah berlibur di salah satu wisata bahari di Lampung Selatan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung memprediksi jumlah wisatawan domestik yang mengunjungi destinasi wisata di daerah ini pada periode libur akhir 2023 mencapai 2 juta orang.
 
"Jumlah kunjungan wisata Lampung terutama di periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kemarin cukup banyak," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan di Bandarlampung, Selasa.

Pada periode Idul Fitri 2023 sekitar 3 juta orang wisatawan  datang ke Lampung. Pada periode libur Natal dan tahun baru kunjungan diprediksi mencapai 2 juta orang.
 
Dia menjelaskan  wisatawan yang datang ke Lampung selama libur akhir tahun didominasi oleh wisatawan domestik.
 
"Jadi kunjungan wisatawan didominasi wisatawan domestik. Bila dilihat okupansi hotel yang mencapai 98 persen artinya wisatawan domestik ini memberikan efek berganda terhadap usaha jasa pelayanan, transportasi, hotel dan restoran," ucapnya.
 
Menurut dia, dengan melihat tingkat kunjungan wisatawan saat periode libur Natal dan tahun baru, pihaknya yakin sektor pariwisata Lampung bisa terus mendukung perekonomian daerah.
 
"Melihat kunjungan saat libur kemarin pariwisata Lampung ini prospeknya cukup cerah dan bisa mendukung ekonomi daerah," tambahnya.
 
Provinsi Lampung menjadi daerah dengan kunjungan wisatawan domestik tertinggi ketiga di Sumatera, dengan jumlah kunjungan wisatawan hingga September 2023 telah mencapai 10,28 juta orang.
 
Capaian kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung hingga September yang naik dua kali lipat itu sudah melampaui target yang  ditentukan pemerintah setempat yakni  berkisar 5,5 juta orang wisatawan.