Dinkes Lampung Selatan imbau warga waspadai serangan ISPA

id ispa lampung selatan,penyakit pernafasan,penanggulangan penyakit

Dinkes Lampung Selatan imbau warga waspadai serangan ISPA

Ilustrasi-- Seorang anak yang mengenakan masker sedang mencuci tangan. (Pixabay)

Anak-anak lebih rentan terserang penyakit dan gangguan kesehatan saat daya tahan tubuhnya menurun, katanya
Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan di Provinsi Lampung mengimbau warga untuk mewaspadai  serangan infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA pada musim kemarau.

"Kasus ISPA cukup tinggi, karena itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih waspada," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Jamaluddin saat dihubungi dari Pesisir Barat, Rabu.

Dinkes Lampung Selatan selama Agustus 2023 mencatat 4.593 kasus ISPA, termasuk di antaranya 33 kasus ISPA pneumonia pada anak usia di bawah satu tahun dan 82 kasus ISPA pneumonia pada anak usia satu sampai lima tahun.

Sedangkan jumlah kasus ISPA non-pneumonia selama kurun itu tercatat 2.144 kasus pada anak umur kurang dari satu tahun dan 2.334 kasus pada anak usia satu sampai lima tahun.

Jamaluddin mengatakan bahwa anak-anak lebih rentan terserang penyakit dan gangguan kesehatan saat daya tahan tubuhnya menurun.

Oleh karena itu, dia menyarankan para orang tua untuk memastikan anak mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik agar daya tahan tubuhnya tetap kuat.

Dia juga menekankan pentingnya penerapan pola hidup bersih dan sehat, termasuk mencuci tangan setelah beraktivitas dan memakai masker saat berkegiatan di luar ruangan, untuk menghindari serangan penyakit.