Pj. Bupati Meusji pantau pilkades serentak

id lampung, mesuji, kabupaten, daerah

Pj. Bupati Meusji pantau pilkades serentak

Pj. Bupati Meusji pantau pilkades serentak (ANTARA/HO-Pemkab Mesuji)

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 16 desa di lima kecamatan se-Kabupaten Mesuji, Lampung, akan menggelar pemilihan kepala desa seremtak pada, Senin (28/8/23). Dengan pelaksanaan ini Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar, membentuk tim untuk memantau pelaksanaan pilkades tersebut.

Surat tersebut sesuai dengan SK Keputusan Bupati Mesuji Nomor : B/1176/1.02/HK/MSJ/2023 tanggal 16 Maret 2023 tentang Penetapan hari dan tanggal Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2023.

“Tim koordinator pemantau pemungutan dan perhitungan suara pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Mesuji Tahun 2023 terdiri dari Ketua, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Mesuji dan anggota masing-masing Staf Ahli Bupati Mesuji, Kepala Dinas PMD Mesuji, Kadis Kominfo, Kepala Kesbangpol, Kasat Pol PP dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Mesuji,” kata Kadis Kominfo Kabupaten Mesuji Mad Mausiruddin.

Ia menjelaskan, untuk masing-masing desa yang melaksanakan pilkades, Kepala OPD di Kabupaten Mesuji bertugas memantau langsung situasi pelaksanaan pilkades tersebut, antara lain Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tanjung Raya (Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Kadis PPPA), Desa Muara Tenang (Kadis Kesehatan dan Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Di Desa Margojadi, Kecamatan Timur (Kaban Bapenda dan Kabag Hukum Kabupaten Mesuji), Desa Sungai Cambai (Kadis Nakertrans dan Kadis Perhubungan).

Selanjutnya, di Desa Sungai Buaya, Kecamatan Rawa Jiitu Utara (Kadis Ketahanan Pangan dan Kadis Lingkungan Hidup), Desa Gunung Tiga (Kadis Perikanan dan Kadis Perpustakaan Arsip), Desa Telogorejo (Kalak BPBD dan Kabag Umum)i, untuk Desa Adi Karya Mulya, Kecamatan Panca Jaya (Kaban BKPSDM),  Desa Mukti Karya (Kadis PM PTSP dan Kabag PBJ), Desa Fajar Asri (Inspektur dan Kabag Kesra), Desa Fajar Indah (Kaban Bappelitbangda dan Kabag Ekbang)i, Desa Fajar Baru (Kadis PU Perkim dan Kadis Koperindag).

Sedangkan untuk Desa Rejo Binangun, Kecamatan Simpang Pematang (Kadis Pemuda Olahraga, Pariwisata) dan Sekretaris DPRD Mesuji, Desa Wira Bangun (Kadis Pendidikan, Kabag Organisasi dan Kabag Tapem), Desa Budi Aji (Kadis Pertanian dan Kaban BPKAD) dan untuk Desa Jaya Sakti (Kadis PU Perumahan dan Kadis Dukcapil).

Untuk tim koordinator pemantau bertugas mendampingi penjabat Bupati Mesuji Sulpakar, dalam Pemantauan Pemungutan dan Perhitungan Suara di desa atau kecamatan yang ditentukan, sementara Tim Pemantau untuk memantau pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara serta mencatat hasil perolehan suara masing masing calon kepala desa yang melaksanakan pilkades.