Gubernur: Pembangunan jalan di Mesuji jadi prioritas

id Pembangunan infrastruktur Lampung, rehabilitasi ruas jalan Mesuji, Pemprov Lampung

Gubernur: Pembangunan jalan di Mesuji jadi prioritas

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat meninjau rehabilitasi ruas jalan di Kabupaten Mesuji. ANTARA/HO-Pemprov Lampung

Ruas jalan di Kabupaten Mesuji yang diperbaiki adalah Jalan Simpang Pematang-Brabasan-Wiralaga, katanya
Bandarlampung, Lampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan pembangunan ruas jalan dan jembatan di Kabupaten Mesuji menjadi salah satu prioritas dalam rangka menumbuhkan perekonomian daerah.

"Pembangunan ruas jalan dan jembatan di Kabupaten Mesuji ini dijadikan prioritas, karena memiliki potensi yang tinggi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan produktivitas sektor pertanian, perkebunan, sekaligus membangun konektivitas antarwilayah," ujarnya.

Penegasan itu disampaikan Arinal saat meninjau proyek rehabilitasi jalan di Mesuji, sebagaimana dikutip dari keterangannya yang diterima di Bandarlampung, Lampung, Jumat.

Ia mengatakan upaya rehabilitasi jalan dan jembatan itu dilakukan sebagai upaya pemenuhan target pemerintah daerah dalam pengembangan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produk lokal dan konektivitas antarwilayah.

"Ruas jalan di Kabupaten Mesuji yang diperbaiki adalah Jalan Simpang Pematang-Brabasan-Wiralaga. Sedangkan, pembangunan jembatan yang dilakukan ada di Jembatan Way Sidomulyo dan Jembatan Way Kanal Wiralaga," katanya.

Dia merinci khusus untuk Kabupaten Mesuji anggaran pemeliharaan rutin untuk Jalan Simpang Pematang-Brabasan yang memiliki panjang 11 kilometer sebesar Rp10 miliar.

Kemudian, pemeliharaan rutin ruas Jalan Brabasan-Wiralaga dengan panjang 29 kilometer, jumlah anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp5 miliar.

Sedangkan, untuk pemeliharaan dua jembatan yakni Jembatan Way Sidomulyo dan Way Kanal Wiralaga nilainya sebesar Rp12 miliar.

"Pada 2023 lalu, Pemprov Lampung telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan infrastruktur jalan dan pemeliharaan rutin ini dilaksanakan untuk menjaga kondisi kemantapan jalan. Sebab, di Mesuji banyak perkebunan kelapa sawit, tanaman pangan, dan sawah. Jadi sangat potensial untuk meningkatkan ekonomi daerah," ucapnya.

Dia melanjutkan dengan adanya koordinasi serta kerja sama antara Pemprov Lampung dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung (BPJN) Lampung maka ruas Jalan Simpang Segitiga Emas-Muara Tenang pun dapat terselesaikan sesuai target.

"Dengan diselesaikannya pembangunan ruas jalan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah, sehingga tercipta kesejahteraan bagi masyarakat secara merata," tambah Gubernur.