DPSDA Lampung imbau petani bijak atur pemanfaatan air selama kemarau

id irigasi lampung,sawah lampung,dampak el nino

DPSDA Lampung imbau petani bijak atur pemanfaatan air selama kemarau

Arsip Foto - Petani menanam bibit padi di sawah di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, pada awal Januari 2023. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung mengimbau para petani bijak dalam mengatur pemanfaatan air selama musim kemarau, yang tahun ini lebih kering dari biasanya karena pengaruh fenomena El Nino.

"Kami memang beberapa pekan belakangan ini terus mengimbau dan memberi sosialisasi ke petani melalui komisi irigasi dan perkumpulan petani pemakai air agar mereka memanfaatkan air sebaik mungkin," kata Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung Budhi Darmawan di Kota Bandar Lampung, Selasa.

"Jangan sampai salah strategi, dan berdampak saat kekeringan," katanya.

Budhi mengatakan bahwa dinas juga sudah melakukan operasi pengawasan dan pemeliharaan jaringan irigasi yang berada di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung.

"Dengan ini bisa diantisipasi, kalau airnya tidak mengalir atau ada kerusakan pada irigasi dapat segera tertangani, sehingga tidak ada lagi yang terhambat, apalagi saat pasokan air tidak sebanyak biasanya karena musim kering," katanya.

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung telah membangun fasilitas penyediaan air untuk persawahan di Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Tanggamus guna menghadapi kemungkinan fenomena El Nino menyebabkan kekeringan, yang dapat mengakibatkan kegagalan panen.

Selain memastikan jaringan irigasi berfungsi baik dan membangun fasilitas penyediaan air, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung mengadakan sidang komisi irigasi untuk membahas pelaksanaan kesepakatan bersama mengenai pola tanam dan pengaturan pemanfaatan air para petani.