Persiapan PON 2024 di Sumut capai 44 persen

id Gubernur Sumut, PON 2024, Sumut

Persiapan PON 2024 di Sumut capai 44 persen

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean)

Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara sudah mencapai 44 persen, baik fisik maupun non-fisik.

Edy Rahmayadi, di Medan, Rabu, mengatakan, keseluruhan persiapan tersebut, baik venue maupun atlet paling lambat akan selesai di bulan Juni 2024 termasuk stadion utama Sumut.

“Semua dokumen telah selesai, yang harus dianggarkan di 2024 juga sudah, dengan kata lain perencanaan sudah selesai, anggaran tinggal menunggu ketok DPRD, ini saya cerita Sumut ya," ujar Edy Rahmayadi.

Ia menjelaskan untuk pembangunan stadion utama, saat ini dalam masa tender dan ditargetkan akan selesai pada Juni 2024 juga.

“Stadion sedang tender, stadion juga pakai sistem tahun jamak, bulan Juni 2024 harus sudah jadi, kalau stadion atletik tahun 2023 ini harus sudah selesai, di situ nanti ada badminton, atletik dan martial art, begitu juga venue lainnya, harus selesai tahun ini,” kata Edy.

Semenatara itu, terkait adanya isu batalnya PON 2024, Edy memastikan sampai saat ini belum ada perubahan. Dia mengatakan PON masih dijadwalkan akan diselenggarakan pada pertengahan September 2024.

“Sampai detik ini jadwal pelaksanaannya pertengahan September, belum ada perubahan, semua persiapan kita harus sudah selesai awal September itu batasnya, kita doakan bersama agar semuanya lancar," tuturnya.

Staf Khusus Panitia Besar (PB) PON Cucu Sumantri mengatakan Provinsi Sumut harus mampu mengulang kesuksesan PON sebelumnya yakni tahun 1953. Baik secara administrasi, penyelenggaraan dan juga prestasinya

“Kita harus bisa mengulang kesuksesan PON sebelumnya dan harusnya lebih baik lagi, PON 1953 begitu berbekas di ingatan, apalagi prestasi Sumut di saat itu luar biasa," ujar Cucu Sumantri.