KONI Lampung gelar tes fisik atlet PON

id koni lampung, tes fisik, atet pon, pon sumut aceh, pon lampung

KONI Lampung gelar tes fisik atlet PON

Ilustrasi atlet PON Lampung tengah berlatih (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung kembali menggelar tes fisik untuk para atlet lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara – Aceh 2024, selama 3 hari yakni tanggal 23 sampai 25 April 2024.

Surat Undangan nomor: U.015/KONI-LPG/IV/2024 tertanggal 17 April 2024 yang ditanda tangani Ketua Harian KONI Lapung Brigjen (Purn) Amalsyah Tarmizi ditujukan untuk seluruh ketua pengprov cabang olahraga (cabor) yang masuk dalam Pelatihan Provinsi (Pelatprov) PON XXI – 2024 provinsi Lampung itu mengundang seluruh atlet yang lolos PON tanpa kecuali, untuk mengikuti test fisik tahap kedua.

Tes itu meliputi test fisik dan kesehatan, yang akan dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB sampai selesai di kantor KONI Lampung di Gedung Olahraga Sumpah Pemuda Way Halim Bandarlampung dan Stadion Utama Sumpah Pemuda kompleks PKOR Way Halim Bandarlampung.

Amalsyah dalam keterangannya di Bandarlampung, Senin mengatakan bahwa  semua tahapan untuk menuju ke PON XXI terus dilaksanakan secara sistematis agar pencapaian prestasi bisa diperoleh dengan baik.

“KONI Lampung terus dengan serius dan tertata sedemikian rupa memberikan dukungan kepada seluruh cabor lolos PON untuk menjalankan tahapan pelatprov secara berurutan dengan sistematis. Ini usaha yang bisa kami lakukan, karena secara teknis kan kita tidak boleh ikut campur. Hanya kami melakukan monitoring dan evaluasi, tentu ingin mendapatkan hasil terkait perkembangan dan peningkatan hasil pelatprov itu,” ungkap Amalsyah
.
Tes fisik dan kesehatan, lanjut Amalsyah, merupakan tahapan penting bagi bidang pembinaan dan prestasi KONI Lampung untuk mengetahui kondisi pasukan Lampung yang akan diterjunkan di PON September mendatang.

“Waktunya kan tidak lama lagi. Empat bulan itu sangat singkat untuk ukuran pembinaan dan pelatihan. Makanya kami terus mengingatkan dan mendorong dengan terjun langsung ke tempat latihan cabor melalui tim monitoring itu, tujuannya untuk cek kesiapan pasukan kita,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bidang Binpres KONI Lampung, Chandra Kurniawan didampingi ketua panitia pelaksana tes fisik dan kesehatan Rizki Yuliandra menegaskan bahwa untuk mencapai hasil yang maksimal dalam persiapan menjelang PON, berbagai upaya sudah dilakukan KONI Lampung.

“Dalam hal non teknis, kami berusaha sekuat tenaga untuk bisa memberikan yang terbaik untuk para atlet Lampung dan memenuhinya sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Misalnya terkait uang saku dan uang makan misalnya, kami sudah selesaikan langsung lewat rekening Pengprov maupun langsung ke atlet dan pelatih sebelum lebaran kemarin. Lalu terkait monitoring, kami selalu memberikan dorongan semangat dan diskusi dengan pengurus Pengprov dan pelatih terkait perkembangan mereka,” kata Chandra.

Karena itu, KONI Lampung berusaha untuk konsisten pada jadwal tahapan yang sudah direncanakan sejak awal dimulainya Pelatprov. 

"Ini merupakan sinergisitas antara KONI dan cabor untuk niat bersama meraih prestasi  yang kita targetkan. Jadi ya harus sama-sama bekerja sama. Karena tidak bisa kita jalan sendiri-sendiri,” tambahnya.

Berikut jadwal tes fisik dan Kesehatan yang sudah ditetapkan oleh KONI Lampung dan telah diedarkan ke seluruh cabor lolos PON;

Selasa, 23 April 2024, diikuti 18 cabor: gatebal, sofbal, basebal, futsal, korfbal, kriket, tenis meja, bulutangkis, bola basket, atletik, balap sepeda, triathlon, sepak takraw, bola voli pasir, panahan, menembak, hoki dan dayung.

Rabu, 24 April 2024 diikuti 18 cabor: muaythai, hapkido, kurash, wushu, karate, judo, pencak silat, sambo, kempo, anggar, kabaddi, tarung derajat, kick boxing, tinju, gulat, senam, berkuda dan tenis lapangan.

Kamis, 25 April 2024 diikuti 18 cabor: anngkat besi, angkat berat, binaraga, aeromodeling, terjun payung, paramotor, golf, woodball, selam, dance sport, sepatu roda, renang, soft tenis, selancar ombak, e-sport, biliar, motor, dan catur putri.