KONI Pusat sebut Sumut harus bisa berprestasi di PON 2024

id Pon

KONI Pusat sebut Sumut harus bisa berprestasi di PON 2024

PJ Gubernur Sumut Hassanudin saat membuka acara Fun Run 5 kilometer bertajuk Road to PON 21 Aceh - Sumut 2024 yang dipusatkan di Lapangan Benteng Medan. (ANTARA/Juraidi)

Medan (ANTARA) - Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI ) Pusat, Suwarno, menyebutkan Sumatera Utara, harus bisa mengukir prestasi terbaik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/ 2024, mengingat persiapan yang sudah jauh-jauh hari dilakukan.

"Tidak hanya sukses penyelenggara, saatnya Sumut bisa bersaing dengan provinsi lain dalam hal prestasi. Sebagai tuan rumah, tentu KONI Sumut telah persiapkan atlet terbaik selama latihan. Apalagi, saat ini banyak atlet asal Sumut berada di Pelatnas membela Indonesia di event internasional," katanya di Medan, Minggu,

Hal itu ia sampaikan pada acara Fun Run 5 kilometer bertajuk Road to PON 21 Aceh - Sumut 2024 yang dipusatkan di Lapangan Benteng Medan.

Ia mengatakan penunjukan tuan rumah PON suatu kehormatan bagi masyarakat Sumut. Suwarno berharap amanah ini menjadi tanggung jawab semua, termasuk masyarakat Sumut.

"Waktu pelaksanaan PON tinggal 195 hari. PON akan dibuka di Aceh pada 8 September dan ditutup di Sumut pada 20 September di Stadion utama yang ada di Desa Sena. Saya yakin Sumut hebat menjadi pelaksana dibanding PON sebelumnya," jelas Suwarno.

"Tahun ini adalah tahun politik. Ada kegiatan pemilihan presiden yang baru usai. Pasca PON ada pemilihan kepala daerah. Tapi, saya minta semua fokus ke PON. Jadikan PON ini sebagai alat pemersatu bangsa. Jika sebelumnya kita mendukung salah satu paslon, saatnya ini kita kembali bersatu sukseskan PON," tambahnya.

Kegiatan Fun Run juga dirangkai dengan atraksi cabang olahraga seperti wushu, karate, dan drum band. Kemudian meet & greet, sajian kuliner UMKM, atraksi cabor dan hiburan musik.

Sementara Pj Gubernur Sumut Hassanudin mengatakan masyarakat Sumut tentu bersyukur sekaligus bangga karena mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah PON bersama Aceh.

Kepercayaan ini merupakan amanah bersama yang harus diemban sekaligus bertanggung jawab untuk menyukseskan PON.

"Selain sukses prestasi, kita juga ingin sukses menjadi tuan rumah pelaksana. Saya berharap agar KONI Sumut juga sudah menyiapkan atlet melalui latihan maksimal. Kita ingin pelaksanaan PON sukses," katanya.

Menyisakan waktu 195 hari jelang PON, Hassanudin meyakinkan masyarakat Sumut sangat siap menyongsong pagelaran PON. Warga Sumut siap menyambut kedatangan kontingen dari seluruh provinsi. Terbukti, saat ini pembangunan venue terus dikebut dan ditargetkan rampung Juli mendatang.

"Dengan sisa waktu yang ada, mari kita gaungkan menuju PON. Kami bersama masyarakat ingin menyampaikan ke pusat bahwa Sumut siap menjadi tuan rumah PON. Saya sebagai penjabat gubernur Sumut yakin PON berjalan sukses. Tentu dukungan semua stakeholder," katanya.