5.409 calon mahasiswa ikuti UTBK-SNBT gelombang kedua di Universitas Lampung

id Lampung,Unila,UTBK,UTBK-SNBT,Mahasiswa baru

5.409 calon mahasiswa ikuti UTBK-SNBT gelombang kedua di Universitas Lampung

Pelaksanaan UTBK-SNBT untuk penerimaan mahasiswa baru pada 2023 di Universitas Lampung. (ANTARA/HO-Humas Unila)

Jadi empat hari pelaksanaan UTBK itu, Senin, Selasa, dan Rabu, ada dua sesi ujian dimana setiap sesinya diikuti sekitar 795 calon mahasiswa, tapi di hari keempat itu hanya satu sesi tes saja, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 5.409 calon mahasiswa mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) untuk penerimaan mahasiswa baru gelombang kedua pada 2023 Universitas Lampung.

"Pada gelombang kedua ini ada 5.409 orang yang ikut UTBK-SNBT di Unila yang akan dilaksanakan selama empat hari hingga Kamis (25/5)," kata Juru Bicara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila Fitra Dharma dihubungi di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan pada UTBK-SNBT gelombnag kedua di Unila yang berlangsung empat hari, terdapat satu hari yang pelaksanaan ujian hanya satu sesi.

"Jadi empat hari pelaksanaan UTBK itu, Senin, Selasa, dan Rabu, ada dua sesi ujian dimana setiap sesinya diikuti sekitar 795 calon mahasiswa, tapi di hari keempat itu hanya satu sesi tes saja," kata dia.

Guna menghindari kecurangan dari peserta ujian, pihaknya melakukan pengecekan peserta menggunakan pendeteksi metal, sebelum mereka memasuki ruangan ujian.

"Semua sudah kami siapkan sejak UTBK-SNBT gelombang pertama, baik dari fasilitas tes dan alat agar tidak terjadi kecurangan. Hingga kini pelaksanaan UTBK di Unila terbilang lancar dan belum ditemui kendala," kata dia.

Bahkan, lanjut dia, tim monitoring dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang datang ke Unila guna mengecek kegiatan UTBK-SNBT gelombang kedua mengapresiasi pelaksanaan tes di tempat itu.

"Ya, tadi juga sempat dicek oleh Tim Monitoring Kemendikbud (Kemendikbudristek, red.) terkait pelaksanaan UTBK di Unila, alhamdulilah semua fasilitas ujian sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, dan melebihi ekspektasi mereka," kata dia.

Pada UTBK-SNBT gelombang pertama Unila, tercatat 16.530 calon mahasiswa baru mengikuti tes di kampus tersebut.