Dukung UMKM, SRC gelar pesta retail di Bandarlampung

id toko kelontong, wali kota bandarlampung, src, sampoerna,umkm lampung

Dukung UMKM, SRC gelar pesta retail di Bandarlampung

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana pada pembukaan Pesta Retail Sumatera, di Lapangan Kalpataru, Bandarlampung. ANTARA/HO

Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023.

Bandarlampung (ANTARA) - PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC). 

Dalam rangka merayakan kesuksesan toko kelontong SRC memberi dampak positif bagi masyarakat, SRCIS menggelar Pesta Retail Sumatera, di Lapangan Kalpataru, Bandarlampung yang berlangsung selama tujuh hari dibuka pada 18 Desember 2022.

Pesta Retail Sumatera di Lampung dihadiri oleh Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana yang memberikan dukungan sepenuhnya bagi kemajuan toko kelontong Indonesia. 

"Kami menyambut dengan bangga Pesta Retail Sumatera di Bandarlampung, karena kehadiran toko kelontong SRC memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. Kami juga berterima kasih kepada SRCIS yang telah membantu pedagang toko kelontong di Bandarlampung. Semoga pedagang toko kelontong bisa lebih meningkatkan omzet melalui pelayanan online (AYO SRC Toko),” kata Eva.

Head of South Sumatera Zone Sampoerna Dina Arini Sulistyowati dalam keteranganya, Senin, turut menyatakan apresiasinya kepada semua peserta SRC yang berasal dari Bandarlampung, Metro, Kotabumi, Tulangbawang (Lampung) dan Bengkulu yang hadir dengan penuh antusias. 

"Saat ini jumlah SRC di Bandarlampung, Metro, Kotabumi, Tulangbawang dan Bengkulu telah mencapai lebih dari 11.000 toko SRC. Saya sangat senang dan bangga dapat bertumbuh serta berkembang bersama toko SRC yang tentunya akan membawa perubahan untuk UMKM di Indonesia,” kata Dina.

Direktur Penjualan Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, toko kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional, sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. 

"Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.

"Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan.

Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Sumatera di Bandarlampung akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Bandarlampung, Metro, Kotabumi, Tulangbawang, dan Bengkulu. 

"Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.

Kegiatan akbar ini, ujar Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi. 
Baca juga: Nunik: UMKM harus tingkatkan standarisasi dan produktivitas
Baca juga: Pertamina salurkan modal usaha Rp6,5 miliar untuk UMKM di tiga provinsi