Pemkab OKU pastikan hewan kurban tidak terpapar PMK

id Penyakit Mulut dan Kuku, hewan ternak, pengawasan hewan ternak, Diskannak OKU, pedagang hewan

Pemkab OKU pastikan hewan kurban tidak terpapar PMK

Petugas Diskannak OKU memeriksa hewan ternak yang dijual pedagang menjelang hari raya kurban untuk mengantisipasi wabah PMK, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memastikan hewan kurban yang dijual pedagang di daerah itu dalam kondisi sehat tidak terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Berdasarkan hasil pemeriksaan semua hewan kurban yang dijual pedagang tidak ada yang terinfeksi PMK," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Diskannak Ogan Komering Ulu (OKU), Hendri Aprizal di Baturaja, Minggu.

Dia mengatakan, menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriah pihaknya memperketat pengawasan jual beli hewan kurban yang dijual pedagang musiman untuk memberikan jaminan keamanan hewan yang sehat kepada masyarakat di Kabupaten OKU.

Dalam pengawasan pihaknya menerjunkan tiga tim yang disebar guna menyisir puluhan lapak pedagang penjual hewan ternak di sepanjang Jalan Lintas Kota Baturaja.