Gubernur Lampung lantik Penjabat Bupati Pringsewu, Mesuji dan Tulangbawang Barat

id Lampung,PJ kepala daerah,Pemprov Lampung

Gubernur Lampung lantik Penjabat Bupati Pringsewu, Mesuji dan Tulangbawang Barat

Gubernur Arinal saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Penjabat (PJ) tiga kepala daerah yang masa jabatannya habis pada 22 Mei 2022. Minggu, (22/5/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Saya ingin segera direalisasikan pembangunan daerah yang telah diprogramkan sebelumnya. Terutama rencana strategis dan pembangunan daerah dalam terwujudnya Lampung Berjaya, ujarnya
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi melantik tiga Penjabat Bupati masing untuk Kabupaten Pringsewu, Mesuji dan Tulangbawang Barat yang masa jabatannya habis pada 22 Mei 2022.

"Kita melantik tiga penjabat guna mengisi kekosongan kepala daerah yang masa jabatannya habis pada 2022," kata Gubernur di Bandarlampung, Minggu.

Oleh sebab itu, Arinal meminta kepada ketiga penjabat bupati yang baru dilantik segera menyesuaikan diri dan menempatkan serta mengambil langkah-langkah yang menentukan dalam menjaga harmonisasi di daerah masing-masing.

"Namun, saya ingatkan kepada pejabat struktural Pemprov Lampung yang baru dilantik menjadi agar menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Apalagi menjelang pilkada tentu akan ada gejolak politik dan kepentingan-kepentingan lain yang mesti dijaga dan tetap menjadi perhatian saudara-saudara dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Penjabat Bupati," ujarnya.

Gubernur menginginkan bahwa ketiga penjabat bupati tersebut segera merealisasikan pembangunan daerah yang telah diprogramkan oleh pejabat sebelumnya.

Baca juga: Gubernur Lampung minta PJ Bupati Tulangbawang Barat entaskan PMK

"Saya ingin segera direalisasikan pembangunan daerah yang telah diprogramkan sebelumnya. Terutama rencana strategis dan pembangunan daerah dalam terwujudnya Lampung Berjaya," ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Fahrizal Darminto, mengungkapkan pelantikan penjabat bupati ini terkait skenario secara nasional untuk Pemilu 2024 dimana tiga daerah itu masa jabatan kepala daerahnya habis pada 22 Mei 2022.

"Karena itu gubernur menyampaikan usulan kepada pemerintah pusat untuk ditunjuk penjabat guna mengisi kekosongan kepala daerah di tiga kabupaten ini," kata dia.

Ia jmengatakan ditunjuknya tiga pejabat struktural Pemprov Lampung untuk menjadi penjabat bupati di tiga kabupaten ini, sudah tentu dilakukan atas pertimbangan yang matang.

"Pejabat-pejabat yang ditunjuk oleh pusat adalah mereka yang sudah terbukti mampu menjalankan tugasnya. Karena menjadi penjabat bupati bukanlah tugas yang ringan sebab mereka juga harus menjalankan tugas administrasi satuan kerja masing-masing," kata dia.

Adapun tiga Pejabat Pemprov Lampung yang ditunjuk sebagai Penjabat Bupati ialah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar sebagai Penjabat Bupati Mesuji, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung Adi Erlansyah menjadi Penjabat Bupati Pringsewu dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi  (PMDT) Provinsi Lampung Zaidirina, ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Tulangbawang Barat.