Gereja : HUT Pekabaran Injil momentum berdoa untuk cegah COVID-19

id Pekabaran Injil di Papua

Gereja : HUT Pekabaran Injil momentum berdoa untuk cegah COVID-19

Para tokoh agama di Kabupaten Mimika foto bersama dengan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob dan isteri. (ANTARA/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Gereja Protestan Indonesia Klasis Mimika memandang peringatan HUT ke 167 Pekabaran Injil di Tanah Papua pada Sabtu, 5 Februari 2022 sebagai momentum untuk memohon doa kepada Tuhan untuk mencegah penularan COVID-19 gelombang ketiga yang mulai mewabah hingga ke Tanah Papua.

Wakil Ketua Klasis GPI Mimika Pendeta Ferdinand Hukubun STh yang dihubungi di Timika, Jumat, mengatakan jajarannya merasa khawatir dengan semakin tingginya angka penularan kasus COVID-19 di Mimika, dimana selama periode pertengahan Januari hingga awal Februari ini saja sudah menembus hingga 58 kasus.

"Di tengah situasi yang mengkhawatirkan akibat mulai meningkatnya kembali kasus COVID-19 di Mimika, seluruh denominasi gereja merayakan HUT ke 167 Pekabaran Injil di Tanah Papua yang diperingati setiap tahun pada 5 Februari," katanya.

Ia mengatakan sudah tentu semua gereja akan melaksanakan ibadah atau kebaktian mensyukuri peristiwa iman itu dan menggunakan kesempatan itu untuk memohon doa kepada Tuhan agar COVID-19 segera berakhir.

"Dianjurkan semua umat yang hadir dalam ibadah tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan," ujar Pendeta Ferdinand.

Momentum HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua juga digunakan oleh GPI Klasis Mimika untuk terus menyuarakan upaya perlindungan atau proteksi warga masyarakat dari ancaman terpapar COVID-19 melalui program vaksinasi.

Pendeta Ferdinand menyebut saat ini Pemkab Mimika melalui Dinas Kesehatan setempat bekerja sama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah, swasta maupun TNI dan Polri mulai menyediakan vaksin penguat (booster) dengan prioritas diberikan kepada lansia usia lebih dari 60 tahun yang sebelumnya sudah menerima vaksin dosis lengkap.

"Mari kita saling mengingatkan dan terus mendorong semua warga masyarakat untuk ikut vaksin. Bagi lansia yang sudah dua kali mendapatkan vaksin, sekarang disediakan vaksin ketiga," katanya.

Pemerintah juga menyediakan vaksin untuk anak-anak usia 6-11 tahun. Mari kita memanfaatkan sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemerintah secara gratis ini untuk menumbuhkan kebaikan bersama, agar kita saling melindungi dari ancaman dan bahaya besar COVID-19, ujar Pendeta Ferdinand yang juga menjabat Wakil Ketua FKUB Mimika itu.

Menurut dia, program vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang kini mulai dilakukan di Mimika sangat baik untuk meningkatkan imunitas anak-anak.

Apalagi sejak awal semester genap tahun pelajaran 2021-2022 semua sekolah di Kota Timika sudah menggelar PTM, sekalipun dengan pembatasan-pembatasan tertentu.

Selama dua tahun berjalan sejak April 2020 hingga akhir 2021, hampir semua sekolah di Kota Timika hanya bisa menggelar pembelajaran dengan sistem daring atau online atau siswa belajar dari rumah untuk mencegah terpapar COVID-19 di sekolah.

HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua diperingati setiap 5 Februari oleh hampir seluruh gereja terutama gereja-gereja denominasi Kristen Protestan, dimana pada tahun ini merupakan perayaan ke 167 tahun.

Kedatangan dua misionaris berkebangsaan Jerman Wilhelm Ottouw dan Johann Gottlob Geissler di Pulau Mansinam, depan Kota Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat pada tanggal 5 Februari 1855 menjadi momentum iman dan bersejarah yang diperingati sebagai Hari Pekabaran Injil di Tanah Papua.