Mensos serahkan bantuan donatur untuk pasien kronis di Lampung

id mensos risma, bantuan, pasien kronis,mensos lampung

Mensos serahkan bantuan donatur untuk pasien kronis di Lampung

Menteri Sosial bersama anggota Komisi VIII DPR RI, DPD RI dan Yayasan Kita Bisa dalam pemberian bantuan kepada keluarga Badri di Desa Peraduan Waras, RT 06 RW 01 Kecamatan Agung Timur, Kabupaten Lampung Utara, Lampung. ANTARA/HO

Ada tiga pasien penerima manfaat ini adalah hasil penjangkauan balai-balai milik Kementerian Sosial.

Lampung Selatan (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyerahkan dana bantuan donatur yang dikumpulkan untuk tiga pasien penyakit kronis di Provinsi Lampung.

"Ada tiga pasien penerima manfaat ini adalah hasil penjangkauan balai-balai milik Kementerian Sosial (Kemensos)," kata Tri Rismaharini, di Natar, Lampung Selatan, Kamis.

Ia menyebutkan, ada beberapa titik yang akan dikunjungi berkat informasi dari media massa dan masyarakat. 

Pihaknya berterima kasih atas informasi tersebut, sehingga dapat menyalurkan bantuan kepada pasien penyakit kronis di Lampung.

Risma dalam kunjungan kerja dua hari di Lampung, yakni 3-4 Februari dijadwalkan menyalurkan bantuan ke tiga titik, yakni kepada Suci Ramadhani di Dusun Rejomulyo, Kecamatan Natar.

Dari hasil asesmen, Suci menderita tumor otak sejak berusia 6 bulan menginjak 7 bulan. Bayi yang kini berusia sekitar 9 bulan itu  diawali dengan mata sering berair dan pembengkakan di bola mata sebelah kanan. 

"Sekarang pasien dirawat di rumah dan rutin kemoterapi di RS Abdul Moeloek," kata Risma.

Selanjutnya, pasien bernama Badri yang tinggal di Desa Peraduan Waras, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara.

Berdasarkan hasil asesmen, Badri menderita kanker di rahang bagian atas. Sejak bulan September tahun 2021 dibawa ke Rumah Sakit Abdul Moeloek. Pada tanggal 28 Desember 2021 berdasarkan rujukan dari puskesmas dan dijadwalkan kembali pada tanggal 7 Januari 2022 untuk dilakukan CT scan dan hasil pemindaian harus dilakukan operasi besar.

"Status terakhir sudah menjalani operasi besar pada 19 Januari 2022," kata Risma pula.

Selanjutnya, Risma juga dijadwalkan menyalurkan bantuan kepada Riska Aulia (13) warga Kelurahan Karang Maritim, Bandarlampung.

Riska didiagnosa memiliki kista di otak kanan dan kistanya sudah hampir menutupi seluruh otak sebelah kanan.

Riska pernah melakukan operasi 1 kali dengan menggunakan BPJS di RS Abdul Moeloek saat usia 3 tahun untuk pemasangan selang dari kepala sampai ke usus untuk pembuangan cairan di kepalanya. 
 

Pihaknya menggandeng relawan Kitabisa.com untuk pendampingan selama pasien dalam perawatan, mengingat saat pasien menjalani perawatan Kemensos mengalami kesulitan, sehingga minta bantuan dari relawan dan Kitabisa.com untuk pendanaan maupun selama pendampingan.
Baca juga: Mensos berikan bantuan untuk penerima manfaat penderita sakit kronis di Lampung
Baca juga: Mensos Risma jadi saksi Tagana hadir nyata di masyarakat