Mensos berikan bantuan untuk penerima manfaat penderita sakit kronis di Lampung

id kunjungan mensos, bantuan ke lampung, penderita penyakit

Mensos berikan bantuan untuk penerima manfaat penderita sakit kronis di Lampung

Mensos berikan bantuan untuk penerima manfaat penderita sakit kronis di Lampung  (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada 3-4 Pebruari 2022. 

Dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Kamis, menyebutkan, kunjungan kali ini Mensos Risma akan menyerahkan bantuan kepada para penerima manfaat yang menderita sakit kronis, sebagai hasil penjangkauan dari balai-balai milik Kementerian Sosial (Kemensos). 

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dan sebagaimana arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, setiap Balai di Kemensos memiliki tugas dan fungsi multi layanan. Balai tidak hanya fokus pada satu layanan tertentu.

Pada kunjungan kerja di Provinsi Lampung, Mensos menyerahkan bantuan dari Kemensos dan hasil penggalangan dana kitabisa.com untuk 3 orang penerima manfaat/keluarganya, yaitu:

1. Suci Ramadhani
 Beralamat di Dusun Rejomulyo II, RT 012/006 Natar Lampung Selatan.

Hasil asesmen  berupa indikasi tumor mulai tampak 1 bulan yang lalu (saat usia Suci 6 bulan menginjak 7 bulan), diawali dengan mata sering berair dan pembengkakan di bola mata. 

Kronologi awal mata merah keluar kotoran. Dalam hitungan 1 bulan terakhir sudah terjadi pembesaran di bola mata disebelah kanan. Pada pertengahan bulan Desember sudah dibawa langsung ke RS. Abdul Moeloek untuk pemeriksaan awal sambil menunggu proses pembuatan kartu BPJS. 

Pada  24 Desember 2021 kartu BPJS sudah diterbitkan, dan masih dalam proses aktivasi sampai tanggal 1 Januari 2022. Tanggal 30 Desember telah dilakukan pemeriksaan Biopsi di RS Imannuel Bandar Lampung dengan didampingi oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Natar. Total donatur :  4.991 donatur dengan nilai donasi Rp 71.440.967

Intervensi Balai pada 30 Desember 2021 Balai Ciungwanara telah memberikan bantuan nutrisi untuk Suci, serta akan meberikan bantuan modal usaha bagi ayah Suci. 

Selanjutnya pengurusan BPJS bagi Suci telah selesai status terakhir : dirawat di rumah tetapi masih rutin melakukan kemoterapi di RS Abdul Moeloek.

2. Badri bin Rusli : 
Beralamat di Dusun Peraduan Waras RT 06 RW 01 Desa Peraduan Waras, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara

Hasil asesmen yakni Badri Bin Rusli menderita penyakit  kanker di bagian rahang atas, sejak bulan September tahun 2021 dibawa ke rumah sakit Abdul Moeloek. Pada tanggal 28 Desember 2021 berdasarkan rujukan dari Puskesmas dan  dijadwalkan kembali pada tanggal 7 Januari 2022 untuk dilakukan CT scan dan hasil scanning harus dilakukan operasi besar.Total donatur : 2.520 donatur senilai donasi Rp 44.737.670 

Intervensi Balai  berupa pendampingan di RS dan transportasi selama di RS, bantuan usaha warung sembako dan makanan ringan.  

Status terakhir :  telah dilakukan operasi besar pada  tanggal 19 januari 2022. Setelah melalui proses operasi mengalami koma/tidak sadar selama satu hari. Pada tanggal 22 Januari 2022 telah kembali ke rumah dan dijadwalkan kontrol kembali pada tanggal 27 Januari 2022.

3. Riska Aulia beralamat di Jl. Soekarno Hatta, Komplek UK. Karang Maritim RT.02 Panjang, Bandarlampung

Hasil asesmen yakni  Riska berusia 13 tahun, anak dari pasangan Suhanto dan Halimah. Riska di diagnosa memiliki kista di otak kanan dan kistanya sudah hampir menutupi seluruh otak sebelah kanan
Riska pernah melakukan operasi 1 kali dengan menggunakan BPJS di RS Abdoel Moeloek saat usia 3 tahun untuk pemasangan selang dari kepala sampai ke usus untuk pembuangan cairan di kepalanya. 

Riska sempat menjalani pengobatan sampai usianya 7 tahun. Saat ini Riska sudah tidak berobat lagi dikarenakan BPJS yang digunakan tidak dibayar sejak 5 tahun lalu dikarenakan Suhanto pernah berhenti bekerja.

Sementara itu keluarga Suhanto juga tidak mendapatakan bantuan BPJS PBI.
Total donatur : 4.077 donatur dengan nilai donasi Rp 78.885.716

Intervensi Balai Ciungwanara terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk pengurusan BPJS Riska. Kendala sebelumnya karena KTP orang tua Riska yang beralamat di Pringsewu telah terselesaikan.

Balai Ciungwanara telah memberikan bantuan Nutrisi bagi Riska serta akan memberikan bantuan modal usaha bagi Ibu Riska status terakhir dirawat di rumah

Adapun bantuan dari Kemensos berupa  pemenuhan kebutuhan dasar dan kewirausahaan untuk Riska Aulia Rp. 6.250.000,. Di tambah dengan pemeriksaan kesehatan Rp7.550.000.

Sementara bantuan untuk Badri bin Rusli di Lampung Utara sebesar Rp9.000.000 berupa peralatan berjualan makanan,seperti etalase,kulkas,kompor gas,tabung gas,alat panggang sosis bakar,serta sosis,nugget,bakso,kecap dan saos. Juga biaya pemasangan listrik

Turut hadir mendampingi Mensos Risma yaitu anggota Komisi VIII DPR RI I Komang dan anggota Komite III DPD RI Jihan Nurlela.