BPBD Lampung tingkatkan kesiagaan hadapi bencana alam

id mitigasi bencana lampung,bpbd lampung,dampak bencana alam

BPBD Lampung tingkatkan kesiagaan hadapi bencana alam

Arsip Foto. Aparat pemerintah mengikuti apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Alam di Lapangan Korpri Provinsi Lampung, Lampung. (ANTARA FOTO/ARDIANSYAH)

Kejadian peningkatan curah hujan akibat La Nina sudah berlangsung sejak Oktober tahun lalu hingga Februari besok, jadi kita selalu siaga karena BMKG sudah memberikan informasi terkait keadaan cuaca secara rutin, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung meningkatkan kesiagaan menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam akibat peningkatan curah hujan pada awal tahun.

"Kita telah meningkatkan koordinasi dengan forum relawan dan BPBD kabupaten dan kota untuk meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya bencana di awal tahun 2022," kata Kepala BPBD Provinsi Lampung Rudy Syawal Sugiarto saat dihubungi dari Bandarlampung, Selasa.

"Kejadian peningkatan curah hujan akibat La Nina sudah berlangsung sejak Oktober tahun lalu hingga Februari besok, jadi kita selalu siaga karena BMKG sudah memberikan informasi terkait keadaan cuaca secara rutin," katanya.

Ia mengatakan, BPBD Provinsi rutin melakukan koordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota serta forum relawan dalam mempersiapkan kebutuhan logistik dan perlengkapan pendukung upaya penanggulangan bencana.

"Kita sudah siapkan juga peralatan, mobil dapur umum, dan logistik seperti kebutuhan pokok, alat kebersihan, dan alat penunjang penerapan protokol kesehatan," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mengimbau warga Lampung untuk meningkatkan kewaspadaan pada masa puncak musim penghujan, yang diprakirakan terjadi pada awal tahun 2022.

Selain itu, BMKG memprakirakan hujan lebat pada 11 Januari 2022 berpeluang terjadi di beberapa bagian wilayah Provinsi Lampung, yakni Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Waykanan, dan Lampung Tengah. 

Pada 12 Januari, hujan lebat diprakirakan turun di Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Waykanan, dan Lampung Tengah.