Bantuan korban puting beliung dari Dinsos Lampung telah didistribusikan

id Bantuan korban puting beliung, dinsos Lampung, bencana lampung

Bantuan korban puting beliung dari Dinsos Lampung telah didistribusikan

Ilustrasi- Bantuan sembako yang dialokasikan melalui APBD Provinsi Lampung bagi korban bencana alam di wilayah setempat. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung menyatakan bahwa bantuan sosial bagi korban puting beliung yang ada di Kabupaten Lampung Selatan telah didistribusikan.
 
"Untuk bantuan bagi korban puting beliung di Kabupaten Lampung Selatan beberapa waktu lalu sudah langsung didistribusikan ke lokasi, setelah beberapa waktu kejadian bencana terjadi," ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi di Bandarlampung, Selasa.
 
Ia mengatakan bantuan yang diberikan bagi para korban bencana puting beliung di Kabupaten Lampung Selatan itu berupa bantuan sembako.
 
"Bantuan yang diberikan berupa sembako yang berasal dari alokasi APBD, jumlahnya sesuai korban yang ada di sana. Berdasarkan informasi ada 102 kepala keluarga yang terdampak dan rumahnya rusak," katanya.
 
Dia melanjutkan selain bantuan sembako Pemerintah Provinsi Lampung pun telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui dinas sosial setempat untuk menyalurkan buffer stock yang beberapa waktu lalu telah didistribusikan oleh pemerintah provinsi dari pemerintah pusat.
 
"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan dan mereka sudah mendistribusikan buffer stock dari provinsi yang sudah dibagi per kabupaten beberapa waktu lalu," ucap dia.
 
Menurut dia, diharapkan dengan pendistribusian bantuan sembako dan buffer stock dapat membantu masyarakat terdampak bencana puting beliung di Lampung Selatan.
 
"Yang pasti pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdampak bencana akan menjadi perhatian, sebab memastikan mereka terpenuhi kebutuhannya adalah tugas kami. Sedangkan untuk perbaikan rumah yang rusak akan dilakukan oleh BPBD dan instansi terkait di kabupaten," tambahnya.
 
Diketahui bencana puting beliung telah terjadi di Kabupaten Lampung Selatan pada Senin (11/3) dari kejadian tersebut ada sebanyak 102 rumah warga rusak dengan rincian ada 11 unit rusak berat, 72 unit rusak sedang dan 19 unit rusak ringan.
 
Dan beberapa waktu lalu pun Dinas Sosial Provinsi Lampung telah mendistribusikan buffer stock dalam rangka mengantisipasi dampak bencana di Provinsi Lampung kepada dinas sosial 15 kabupaten dan kota dengan nilai total buffer stock yang dialokasikan ke Provinsi Lampung ada sebanyak Rp1,9 miliar.
 
Buffer stock tersebut meliputi bantuan permakanan dengan nilai total sebesar Rp543 juta yang terdiri dari makanan siap saji berjumlah 4.000 paket, lauk pauk siap saji berupa redang daging dan telur 700 paket, gulai ikan dan telur 700 paket, ayam asam manis dan telur 1.600 paket, dan bantuan makanan anak 2.000 paket.
 
Kemudian bantuan peralatan evakuasi dengan nilai total bantuan Rp755 juta yang terdiri dari tenda gulung sebanyak 700 lembar, tenda serbaguna 2 unit, tenda keluarga portable 50 unit, dan kasur 500 lembar.
 
Bantuan sandang dengan nilai bantuan Rp236 juta yang terdiri dari selimut sebanyak 500 lembar, sandang dewasa 500 paket, dan sandang anak 500 paket.
 
Lalu bantuan perlengkapan keluarga dengan nilai Rp458 juta yang terdiri dari kids ware sebanyak 500 paket dan family kit 500 paket.