Pasien positif COVID-19 di Babel bertambah 8 orang

id Bangka Belitung

Pasien positif COVID-19 di Babel bertambah 8 orang

Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pasien COVID-19 bertambah 8, sehingga orang terpapar virus corona yang masih menjalani isolasi menjadi 326 jiwa. (ANTARA/ Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pasien COVID-19 bertambah delapan orang sehingga mereka yang terpapar virus corona baru dan masih menjalani isolasi menjadi 326 jiwa.

"Alhamdulillah, hari ini hanya delapan orang terpapar COVID-19, sehingga total orang terkonfirmasi virus corona 51.820 jiwa," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan berdasarkan data terbaru delapan orang terpapar COVID-19 tersebar di Kabupaten Bangka dua orang, Bangka Selatan (2), Belitung (2), Belitung Timur (1), dan Kota Pangkalpinang (1).

"Hari ini Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Barat tidak ada penambahan kasus dan ini akan terus dipertahankan agar Babel bebas dari COVID-19 ini," katanya.

Ia mengatakan jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalani isolasi di rumah sakit rujukkan, isolasi terpusat dan isolasi mandiri 326 orang tersebar di Pangkalpinang 86 orang, Bangka (48), Bangka Tengah (33), Bangka Barat (52), Bangka Selatan (30), Belitung (45), dan Belitung Timur (32).

Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 37 orang dengan kumulatif 50.068 jiwa tersebar di Belitung delapan orang, Belitung Timur (6), Bangka (1), Bangka Tengah (8), Bangka Barat (7), Pangkalpinang (7).

"Hari ini tidak ada pasien COVID-19 yang meninggal dunia sehingga total orang meninggal akibat virus corona ini tetap 1.426 orang," katanya.

Menurut dia, saat ini kasus COVID-19 melandai dan apabila kasus ini terus ditekan maka akan berdampak kepada kehidupan masyarakat dengan menganggap COVID-19 merupakan kasus biasa, bukan lagi pandemi melainkan endemi.

"Artinya, ini menunjukkan penanganan dan penyembuhan COVID-19 kita sudah bagus. Pencegahan juga sudah bisa. Namun, kehati-hatian tetap kita jaga dan harus tetap menaati protokol kesehatan," katanya.

Uploader : Angga Pramana