Bandara Radin Inten alami kenaikan frekuensi penerbangan pasca larangan mudik

id Pasca larangan mudik, bandara Radin inten, kenaikan frekuensi penerbangan,bandara radin inten

Bandara Radin Inten alami kenaikan frekuensi penerbangan pasca larangan mudik

Situasi Bandara Radin Inten II pasca larangan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah. Lampung Selatan, Selasa 18/5/2021 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Pada hari ini ada peningkatan frekuensi penerbangan pasca selesainya periode larangan mudik Lebaran
Bandarlampung (ANTARA) - Bandara Radin Inten II Lampung mulai mengalami peningkatan frekuensi penerbangan, setelah larangan mudik Lebaran selesai dilaksanakan.

"Sesuai prediksi kami kemarin, pada hari ini ada peningkatan frekuensi penerbangan pasca selesainya periode larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei," ujar Executive General Manager (EGM) Bandara Radin Inten II Lampung M Hendra Irawan, di Lampung Selatan, Selasa.

Dia mengatakan tercatat pada hari ini frekuensi penerbangan mencapai 20 pesawat, dan diperkirakan akan mencapai puncak pada Rabu (19/5) esok hari.

"Saat larangan mudik kemarin hanya ada 1-2 pesawat, sedangkan saat hari normal sekitar 16 pergerakan pesawat, dan perkiraan besok akan mencapai puncak," ujarnya lagi.

Menurutnya, terinci dari 20 penerbangan ada 2 pesawat yang berasal dari maskapai Garuda Indonesia, lalu ada 8 pesawat masing-masing dari maskapai Lion Air dan Batik Air, serta 2 pesawat milik maskapai Citilink.

"20 pesawat tersebut kebanyakan menuju ke Bandara Soekarno-Hatta, dan Halim Perdanakusuma, untuk kapasitas masih sesuai dengan aturan yang ada," katanya pula.

Hendra mengatakan pada hari pertama operasional secara normal setelah pelaksanaan larangan mudik, diprediksi penumpang mencapai 2.600 orang.

"Perkiraan penumpang yang datang atau pun berangkat dapat mencapai 2.600 orang, yang berangkat diperkirakan sekitar 1.400-1.600 orang," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan meski ada peningkatan jumlah penumpang serta frekuensi penerbangan, penerapan protokol kesehatan secara ketat tetap dilakukan.

"Tentu tetap kami jaga untuk protokol kesehatan ini dilakukan, untuk mencegah adanya persebaran kasus COVID-19 di lingkungan bandar udara," katanya pula.

Terpantau sejak pagi hari suasana Bandara Radin Inten II Lampung mulai ramai didatangi oleh masyarakat pengguna transportasi udara yang hendak melakukan perjalanan.

Meski ramai pengunjung, penerapan protokol kesehatan terlihat tetap dilakukan, salah satunya terlihat saat pelaksanaan pemeriksaan surat bebas COVID-19 oleh petugas di pintu masuk keberangkatan.
Baca juga: Pengelola Bandara Radin Inten berbagi paket sembako kepada masyarakat
Baca juga: Bandara Radin Inten II telah layani 93 perjalanan khusus
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar