Pemkot Bandarlampung laksanakan vaksinasi tahap kedua

id COVID-19,Vksinasi,Pemkot Bandarlampung,Corona,Corona Lampung

Pemkot Bandarlampung laksanakan vaksinasi tahap kedua

Seorang petugas pelayanan di Gedung Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Bandarlampung melaksanakan vaksinasi. Rabu. (3/3/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Sekarang yang divaksinasi memang baru tenaga pelayanan, besok tenaga pendidik atau guru akan mulai divaksinasi, agar anak-anak bisa belajar tatap muka lagi, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung mulai melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri dan pelayan publik lainnya.

"Allhamdulilah sudah berjalan vaksinasi tahap kedua untuk pegawai di sejumlah instansi publik di kota ini," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, di Bandarlampung, Rabu.

Ia berharap dengan adanya vaksinasi ini kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia khususnya Kota Bandarlampung dapat ditekan sehingga pandemi cepat berakhir dan aktivitas berjalan dengan normal.

Baca juga: Wawali Bandarlampung sebut masyarakat perlu diedukasi tentang vaksinasi

"Sekarang yang divaksinasi memang baru tenaga pelayanan, besok tenaga pendidik atau guru akan mulai divaksinasi, agar anak-anak bisa belajar tatap muka lagi dan petugas pelayanan dapat lebih sigap melayani masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan apabila tenaga pendidik sudah divaksinasi semua dan Bandarlampung telah masuk zona hijau barulah kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dapat dilakukan, meski begitu tetap menerapkan protokol kesehatan dan dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Pemkot Bandarlampung sasar 16.000 orang pada vaksinasi tahap dua

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Desti Mega Putri mengungkapkan vaksinasi tahap kedua ini dilaksanakan di sejumlah instansi pemerintahan dan di 31 puskemas.

"Kita lakukan vaksinasi di Kantor Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perizinan, kemudian Dinas Pendidikan, Rumah Sakit Bhayangkara dan Biddokes Polda Lampung untuk polisi dan Rumah Sakit DKT untuk TNI serta di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari)," kata dia.

Sedangkan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di Puskesmas diperuntukan bagi masyarakat umum sesuai kriteria yang telah ditentukan.

Baca juga: Vaksin tahap dua di Lampung mulai didistribusikan ke daerah

"Vaksin sudah kita serahkan kepada puskesmas dan TNI/Polri dan Kejari, namun berapa yang divaksinasi masih belum kita dapatkan kemungkinan setelah selesai baru akan ada rekapnya. Kita upayakan vaksinasi tahap kedua dosis pertama ini selesai dua pekan," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandarlampung mendapatkan vaksin Sinovac sebanyak 3.200 vial atau 32.000 dosis vaksin untuk vaksinasi tahap dua termin pertama ini guna memvaksinasi orang lanjut usia (lansia), dan pelayan publik.